Jangan Gunakan Jasa Calo

loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten OKU Timur menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menggunakan Biro Jasa (calo, red) setiap akan melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Hal itu diungkapkan Kadisdukcapil Sutikman.

“Cukup banyak oknum yang menawaran biro jasa pembuatan administrasi kependudukan. Saat ini bahkan marak di media sosial oknum yang menawarkan jasa membuat KTP, KK, Akta Nikah, Akta Perceraian sampai Akta Kematian. Tentunya itu tidak gratis pasti ada imbalannya,” ungkapnya.

Menurut Sutikman, masyarakat yang menggunakan jasa calo dalam pengurusan administrasi kependudukan dan memberikan imbalan tidak akan memudahkan masyarakat tersebut justru sebaliknya akan menimbulkan persoalan baru.

“Paling tidak menimbulkan kesan pelayanan kependudukan Disdukcapil butuh biaya padahal sebenarnya pengurusan administrasi kependudukan gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali,” tegasnya.

Menurutnya, pihaknya melalui pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa terus mensosialisasikan bahwa pengurusan administrasi kependudukan tidka dipungut biaya. Selain itu, pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jasa calo dalam pengurusan administrasi kependudukan.

“Saya tegaskan bahwa  semua kepengurusan yang menyangkut administrasi kependudukan tidak dipungut biaya. Jika ada petugas yang kedapatan atau ada laporan memungut biaya dalam pembuatan administrasi kependudukan disertai bukti, maka kami merekomendasikan untuk melaporkan kepada yang berwajib untuk diproses bedasarkan hukum yang berlaku,” jelasnya.

Ditegaskannya, undang-undang yang mengatur mengenai pungutan tersebut sangat tegas dan mengancam pelaku yang melakukan praktik percaloan dengan ancaman penjara dan denda uang baik terhadap pemberi maupun penerima.