OKUT Cetak Sawah Baru 500 Hektare

loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan melakukan pencetakan lahan sawah baru tahun 2016 seluas 500 Hektare (Ha) yang berlokasi di Kecamatan Cempaka tepatnya Desa Meluaiindah. Pencetakan lahan sawah baru tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 5 Miliar lebih.

“Jika dilihat dari anggaran tahun 2014 lalu, setiap hektare nilai anggarannya sekitar Rp. 10 Juta. Jadi kemungkinan tahun 2016 ini biaya pencetakan sawah baru tersebut sebesar Rp. 10 Juta per Ha-nya,” ungkap Kepala dinas TPH OKU Timur melalui Kabid TPH Tukiman didampingi Kasi Binus Tanaman Pangan, Anis Wahturahma.

Menurut Tukiman, proyek percetakan sawah tersebut diperuntukkan bagi enam kelompok tani di Desa Meluaiindah. Setiap kelompok tani memiliki lahan sekitar 75-95 Ha. Dengan adanya percetakan sawah baru tersebut otomatis akan menambah luas areal pertanian padi di OKU Timur.

“Ini menjadi salah satu pendukung tercapainya produksi Gabah Kering Panen (GKP) 1 juta ton tahun ini. Selain dilakukan cetak sawah, pihaknya juga akan  berupaya dengan maksimal untuk meningkatkan hasil pangan tersebut dengan pengaturan pola tanam, optimalisasi lahan, mengikutsertakan intensifikasi lahan, percepatan tanam dan melengkapi sarana alat pertanian,” katanya.

Sementara salah satu petani di Martapura, Edi (45) mengatakan, ratusan hektare bantuan program cetak sawah yang akan dikucurkan tersebut seperti tahun 2014 lalu diharapkan memiliki manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jangan sampai bantuan dari pemerintah pusat menjadi keluhan masyarakat karena pelaksanaannya yang tidak sesuai dengan ketentuan.