Pemerintah Jemput Empat Warga OKUT Gabung Gafatar

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA  – Sebanyak satu keluarga yang terdiri dari Suami, Istri dan dua anak yang berasal dari Kabupaten OKU Timur di informasikan bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Rabu (10/2/2016), penjemputan anggota Gafatar yang berjumlah empat orang tersebut akan dilakukan pada hari ini Rabu (10/2/2016) dari asrama Haji Palembang dan akan dibawa menuju OKU Timur. Sebelum dikembalikan ke keluarganya, empat orang anggota Gafatar tersebut rencananya akan bermalam terlebih dahulu di Martapura. Namun belum diketahui secara pasati lokasi bermalamnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Timur Drs Fathurrahman ketika dikonfirmasi membenarkan adanya warga OKU Timur yang tergabung dalam anggota Gafatar tersebut. Namun kata dia, warga tersebut statusnya sudah bukan merupakan warga OKU Timur dan sudah berpindah menjadi warga luar. Hanya saja orangtuanya masih berada di OKU Timur tepatnya Desa Rawodadi, Kecamatan Buay Madang Timur.

“Memang ada. Tapi masih simpang siur. Informasi yang kita peroleh ada empat orang yang tergabung dalam Gafatar. Mereka sekeluarga yang terdiri dari kepala keluarga, istri dan dua anak yang saat ini diperkirakan berusia 14 dan 16 tahun,” katanya.

Menurut Fathur, warga yang tergabung dalam Gafatar tersebut sebenarnya hanya lahir saja di OKU Timur dan merantau ke wilayah Jakarta sekitar tahun 1995 dan sudah menikah dengan warga Magetan dan pada tahun 2014 mereka berangkat ke Wilayah Kalimantan bersama anggota Gafatar lainnya.

“Kalau tidak salah itu adalah keluarga Sutarto. Dia hanya lahir di OKU Timur. Memang ibunya masih ada di OKU Timur. Sebenarnya dia bukan warga OKU Timur lagi. Namun karena ibunya masih ada di Desa Rawodadi, jadi dia dikembalikan ke OKU Timur,” katanya.

Ketika ditanya apakah pihak dinas sosial akan melakukan penjemputan, Fathur belum bisa memastikan kapan akan dilakukan penjemputan dan masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya.