Tiga Sekolah Siap Laksanakan UN berbasis Komputer

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam rangka menekan tingkat kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2016. Pemerintah menerapkan metode Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga dengan Computer Based Test (CBT), metode tersebut merupakan metode pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan perangkat Komputer sebagai medianya.

Ketika Dikonfirmasi kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) kabupaten OKU Timur mengani kemungkinan sekolah di OKU Timur menggunakan metode tersebu tuntuk menekan kecurangan, Kepala Dinas Pendidikan OKU Timur Drs Ali Pasyai MM melalui Kabid Diklan, Sudarman, SPd mengatakan, sejauh ini dari 71 jumlah SMA/SMK yang ada, baru ada tiga sekolah yang siap melaksanakan Ujian Nasional menggunakan metode UNBK tersebut. Adapun ketiga sekolah tersebut masing-masing SMK Negeri I Martapura, SMK YIS Martapura, dan SMK Muhammadiyah Sukaraja.

“Tahun ini baru ada tiga sekolah yang sudah benar-benar siap melaksanakan Ujian Nasional dengan Basis Komputer,” katanya.

Menurut Sudarman, salah satu yang menjadi penyebab terbatasnya sekolah yang sanggup melaksanakan metode tersebut disebabkan karena fasilitas sekolah seperti komputer yang belum tersedia. Hal itu tentu saja menjadi salah satu kendala sekolah untuk melaksanakan ujian dengan metode komputer.

“Sekolah yang bisa melaksanakan UNBK minimal harus memiliki fasilitas komputer, sedikit banyaknya sepertiga dari jumlah siswa yang ingin ikuti Ujian Nasional,” tutupnya.