Ayo Daftar di SMA 3 Unggulan Martapura

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk memperoleh siswa dan peserta didik yang memiliki potensi dan semangat belajar yang tinggi sehingga bisa menorehkan prestasi setinggi-tingginya, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Unggulan Martapura membuka pendaftaran sejak awal tahun 2016 lalu hingga Maret mendatang. Panjangnya proses pendaftaran tersebut bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan agar siswa-siswi yang lulus dan menjadi peserta didik di SMAN 3 Unggulan Martapura benar-benar memiliki potensi dalam berbagai hal.

Sejumlah pesyaratan harus diikuti para peserta yang akan mendaftar mulai dari pengisian formulir hingga seleksi yang dilaksanakan selama dua tahap yakni tahap I dan II baru kemudian setelah dinyatakan diterima siswa akan mengisi formulir daftar ulang yang telah disediakan.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 3 Unggulan Martapura Hj Siti Suhartini, dibukanya pendaftaran siswa baru dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut bertujuan agar sekolah memperoleh peserta didik yang memiliki potensi dan semangat belajar yang tinggi serta mampu menorehkan prestasi setinggi-tingginya.

Dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2016 kata dia, untuk persyaratan tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk jadual PSB dibuka sejak Januari hingga 4 Maret mendatang yang dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00. atau sesuai dengan jam kerja.

“Persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan hampir sama dengan tahun sebelumnya seperti peserta terlebih dahulu harus mengisi formulir PSB, menyerahkan fotokopi raport semester I sampai V yang sudah dilegalisir, menyerahkan fotokopi ijazah Sekolah Dasar, foto hitam putih. Berkas tersebut dimasukan kedalam map kertas snelhecter kemudian diserahkan kepada panitia,” katanya.

Sedangkan yang menjadi syarat utama dalam PSB tersebut kata dia, adalah pas foto hitam putih ukuran 3×4 dan 2×3 masing-masing tiga lembar. Jika semua berkas sudah lengkap untuk calon siswa, dimasukan didalam map merah, sedangkan calon siswi dimasukkan dalam map berwarna kuning.

Setelah semua berkas calon dinyatakan lengkap kata dia, pihak panitia PSB akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya dengan melakukan seleksi terhadap seluruh calon peserta PSB yang berkasnya dinyatakan panitia lengkap.

“Para peserta akan mengikuti dua tahap seleksi yakni tahap I dan II. Setelah semua tahapan dan seleksi berhasil dilewati oleh peserta, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran ulang,” katanya.