Disnakertrans Siapkan Situs Pencari Kerja

Ilustrasi Lowongan Kerja

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bursa Tenaga Kerja Online (BKO) yang dikelola oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten OKU Timur dalam satu tahun terakhir menjadi salah satu media untuk masyarakat dan pemilik usaha kecil maupun perusahaan untuk mendaftarkan diri maupun mencari tenaga kerja.

Situs yang diresmikan oleh H Herman Deru beberapa waktu lalu itu terus ditingkatkan sebagai upaya memperluas informasi bursa lowongan kerja dan dalam rangka menekan angka pengangguran di OKU Timur.

“Ini merupakan salah stau upaya yang kita lakukan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat, khususnya mereka yang sedang mencari pekerjaan dalam mendapatkan informasi mengani lowongan kerja secara Online. Selain itu, pelaku usaha juga bisa berikan info terbuka kepada masyarakat tentang lowongan pekerjaan yang dibuka,” ungkap Kadisnakertrans H Muhammad Yamin, MM Minggu (21/2).

Menurut Yamin, pada tahun 2015 lalu sudah tercatat sebanyak 864 warga OKU Timur yang mendaftarkan diri untuk mencantumkan namanya sebagai calon pekerja di Bursa Tenaga Kerja Online dengan kategori dan keahlian yang berbeda-beda. Sedangkan untuk tahun 2016 kata dia, pihaknya sudah menerima sedikitnya, 56 orang yang meminta namanya dimasukkan dalam bursa tenaga kerja tersebut.

“Dengan dijalankannya program tersebut bsecara teratur, pihaknya mengharapkan Bursa Kerja Online bisa menjadi media informasi dan transaksi bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi tentang ketenagakerjaan dan lowongan pekerjaan,” katanya.

Bursa Tenaga Kerja Online tersebut kata dia, juga bisa menjadi media bagi lembaga lainnya seperti BPJS, Jamsostek dan lembaga lainnya untuk mengakses informasi yang mereka dibutuhkan. Dengan adanya informasi lowongan kerja secara online, masyarakat yang membutuhkannya informasi bisa melakukan pengecekan secara online dan tidak perlu untuk datang langsung ke kantor disnakertrans.