PT AMS Survey Seismik di Empat Kecamatan

Ilustrasi Survey Seismik

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – PT Anugerah Mutiara Sentosa (AMS) yang merupakan sebuah perusahaan yang melakukan survei seismik 2D Baturaja Blok, di wilayah Kabupaten OKU Timur saat inni mulai melaksanakan seismik di sejumlah titik yang berpotensi memiliki minyak gas di OKU Timur.

Humas dan Pengawas PT AMS Letkol Sudinoto saat dikonfirmasi Sabtu (20/2) mengatakan, proses pencarian titik wilayah yang berpotensi kandungan minyak dan gas dilakukan dibawah pengawasan Kementrian Pertahanan. Untuk proses pemetaan di wilayah Kabupaten OKU Timur dilakukan dengan menggunakan dua metode yakni, Rig dan Vibrosis yang dilakukan di empat Kecamatan.

“Sebagian survey dilakukan di kawasan Omiba Puslatpur. Kemudian di Desa Negeriratu Kecamatan Jayapura, Desa Jayapura di Kecamatan Jayapura, Desa Saungdadi Kecamatan Buay Pemuka Peliung dan Desa Veteranjaya kecamatan Martapura,” jelasnya.

Survei terakhir yang dilakukan di Desa Veteranjaya Kecamatan Martapura,  menggunakan alat vibrosis dan sempat menggetarkan rumah warga setempat. Vibrosis yang menggunakan alat penggetar dalam melakukan pemetaan seismik, mengukur potensi dengan kedalaman 1 kilometer dan radius getaran 500 meter.

“Ini baru satu-satunya alat di Indonesia, didatangkan khusus dari Jepang,” katanya.

Mengenai survei yang sudah dilaksanakan sejak Agustus 2015 lalu kata dia, sudah berhasil mengumpulkan data. Namun untuk potensi yang dicari masih membutuhkan survei lanjutan.

“Data yang kita peroleh masih harus diukur lewat pencitraan tiga dimensi, jadi belum bisa bicara banyak,” tegasnya.