Empat Perampok Bersenpi Incar Nasabah Bank Mandiri Belitang

Salah satu Tersangka yang berhasil diamankan beserta barang bukti yang berhasil diamankan
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Unit reskrim Polsek Belitang bekerjasama dengan satreskrim Polres OKU Timur berhasil menggagalkan aksi percobaan perampokan dengan kekerasan yang dilakukan lima tersangka dengan menggunakan senjata api rakitan jenis FN Cipacing terhadap nasabah Bank Mandiri Kecamatan Belitang bernama Dian Triyanto warga Desa Sumberrejo Kecamatan Belitangjaya Senin (22/2/2016) sekitar pukul 15.00.

Sebanyak empat tersangka berhasil diamankan, sementara satu tersangka lainnya berhasil melarikan diri dan sedang dalam pengejaran polisi. Adapun empat tersangka yang berhasil diamanakan masing-masing Mad Kholil alias Tompel (28) warga Desa Karangmanik Kecamatan Belitang II, Nurhadi (43) warga Probolinggo Jember, Joko Wanto (33) warga Sumbawa Nusa Tenggara Barat, dan Wandi (54) warga Tanjungpriok Jakarta Utara. Sedangkan satu tersangka lainnya berhasil melarikan diri berinisial TJ warga Belitang II.

Dari tangan keempat tersangka, polisi berhasil mengamankan barang Bukti Berupa (BB) dua buah senjata api jenis FN Cipacing dan tujuh butir amunisi serta sepeda motor Yamaha RX King, dan sepeda motor Honda Mega Pro milik tersangka.

Informasi yang berhasil dihimpun Selasa (23/2/2016) percobaan perampokan dengan kekerasan terhadap nasabah Bank Mandiri Kecamatan Belitang tersebut berawal ketika nasabah bernama Dian triyanto keluar dari Bank Mandiri usai mengambil uang menggunakan mobil Mitsubishi Jenis Pajero Sport Warna Putih.

Keempat tersangka yang sudah mengincar korban berencana menghentikannya dalam perjalanan pulang, namun karena polisi sudah mencurigai gerak-gerik para pelaku langsung melakukan penyergapan dan berhasil menggagalkan perampokan tersebut dan menangkap keempat tersangka.

Sedangkan modus yang digunakan pelaku dalam mencari korbannya di Bank Mandiri adalah dengan berbagi tugas. Para pelaku yang berasal dari berbagai daerah tersebut berbagi tugas dengan masing-masing tugas untuk tersangka TJ yang saat ini masih buron sebagai pemantau didalam bank, sedangkan empat tersangka lainnya masing-masing Mad Kholil bersama Joko Wanto menunggu di samping Bank dengan menggunakan sepeda motor Yamaha RX King. Sedangkan tersangka Nurhadi bersama dengan tersangka Wandi menunggu didepan bank menggunakan sepeda motor mega pro.

“Mereka berbagi tugas dalam beraksi. Melihat dari cara mereka beraksi. Diduga komplotan ini meruakan pemain profesional. Rencananya mereka akan menghentikan korban diperjalanan. Namun karena petugas mencurigai gerak gerik mereka, jadi langsung melakukan penyergapan dan melumpuhkan pelaku yang menggunakan senjata api,” ungkap Kapolres OKU Timur AKBP Saut P Sinaga melalui Kasat Reskrim AKP Yon Edi Winara didampingi Kapolsek Belitang Iptu Wilson Selasa (23/2/2016).

Menurut Yon, pihak kepolisian saat ini terus mengembangkan kasus tersebut dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah lain kemungkinan para pelaku pernah melakukan aksi serupa di daerah lainnya mengingat para pelaku berasal dari berbagai daerah dan melakukan perampokan di OKU Timur.

“Dugaan kita mereka pernah melakukan perampokan serupa. Namun kita masih melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian lainnya di luar OKU Timur,” katanya.