BPP-KP OKU Timur Miliki Makanan Non Beras

Makanan non Beras
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahan pangan (BPP-KP) OKU Timur, ditahun ini memiliki agenda untuk menggalakan makanan non beras. Agenda tersebut sama halnya dengan program yang sebelumnya pernah diadakan, yaitu perlombaan menu makanan non beras.

Saat dikonfirmasi Rabu (24/2/2016) Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BPP-KP) OKU Timur, Purbani Irawa SP, MM mengatakan, hal tersebut sengaja menjadi agenda BPP-KP guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang memenuhi kategori Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

“Maka diperlukan sosialisasi dan lomba B2SA agar masyarakat punya kreativitas dalam menyusun menu makan keluarga,” ujarnya.

Seperti halnya jenis olahan non-beras dengan beragam bentuk dan penyajian, seperti kue onde-onde singkong dari ubi kayu, isi dibulu dari ubi bakar, kueku dari labu kuning, lemet, dodol kenari, kue pondang, cucur, balapis, dan lain sebagainya.

“Saat ini di OKU Timur juga sudah ada produksi ubi yang dibuat menjadi olahan menjadi beras ubi kayu yang di hasilakan dari Desa Tanjung Kukuh,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan kedepan OKU Timur dapat mencoba mengkonsumsi olahan dari bentuk non-beras salah satunya dengan cara satu hari tanpa beras.

“Dengan demikian kita berharap melalui hal itu menu makanan masyarakat OKU Timur lebih beragam dan tidak hanya bergantung pada jenis beras saja,” terangnya.

Mensosialisasikan pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk mengurangi konsumsi beras dan terigu. Sebab menurutnya selama ini, konsumsi sumber-sumber pangan lokal seperti ubi-ubian, dan sayur dan buah masih kurang mendapat tempat dalam daftar menu keluaraga.

Sealin itu jelasnya, masyarakat OKU Timur lebih dominan mengkonsumsi padi-padian. Mengingat OKU Timur memiliki karakteristik dan kekayaan produk pangan yang sangat beragam baik itu terbuat dari bahan pangan beras dan non beras.