HM Kholid Segera Cek Perizinan Perusahaan

ilustrasi: Blasting batu gunung

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengaku terlebih dahulu akan melihat bentuk perizinan perusahaan CV Alam Tunggal Semesta (ATS) terlebih dahulu untuk mengetahui masalah penolakan yang dilakukan oleh masyarakat terkait metode blasting atau peledakan batu gunung oleh pihak perusahaan.

Hal itu diungkapkan Kholid menyusul adanya unjukrasa yang dilakukan oleh puluhan warga Desa Kambang dan desa Jayapura, Kecamatan Jayapura Kamis (25/2/2016) lalu dengan menyita dua alat berat milik perusahaan.

“Kita coba lihat dulu bentuk perizinan perusahaan itu. Kedepan izin semua perusahaan akan dilihat terlebih dahulu agar semuanya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” katanya.

Sementara Kapolres OKU Timur, AKBP Saut P Sinaga, saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2016) mengatakan dalam kasus tersebut, pihaknya hanya sebagai pengamanan dan memediasi kedua belah pihak apabila terjadi selisih paham.

“Mengenai perizinan bukan wewenang pihak kepolisian kita hanya bertugas pengamanan serta mediasi jika ada keributan antar dua pihak,” katanya.

Sejauh ini kata dia, pihak perusahaan sudah mensosialisasikan sistim blasting itu mengenai dampak lingkungannya. Selain itu, hingga saat ini dampak dari ledakan tersebut belum ada, seperti getaran yang akan akan berdamkan menyebabkan kerusakan.