HM Kholid Akan Laksanakan Salat Gerhana Akbar

HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten OKU Timur, bekerjasama dengan Kankemenag OKU Timur serta Ormas Islam telah mempersiapkan beragam kegiatan untuk menyambut fenomena alam langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016) mendatang dengan melaksanakan salat gerhana bersama.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengaku sudah meminta kepada bagian kesejahteraan rakyat untuk mengkoordinasikan pelaksanaan salat gerhana tersebut kepada pihak Kankemenag.

“Akan kita laksanakan nanti bersama di halaman Pemkab OKU Timur. Untuk imam akan dipimpin oleh mantan ketua MUI Muslih. Sedangkan untuk Khatib akan dipimpin oleh KH Fuad Masykuri yang merupakan ketua MUI OKU Timur,” kata Kholid.

Menurut Kholid, dalam agana Islam salah gerhana merupakan salah satu yang dianjurkan saat terjadi gerhana matahari ataupun gerhana bulan. Jadi ada nilai tersendiri bagi muslim yang melaksanakan salat gerhana tersebut. Kholid mengaku akan hadir dan ikut serta dalam salat gerhana tersebut.

Sedangkan Kankemenag OKU Timur Muhammad Ali mengatakan, pihaknya menghimbau masyarakat terutama kepada kepala desa dan camat untuk melakukan shalat gerhana di tempatnya masing-masing selain salat berjamaah yang akan dilaksanakan secara akbar di halaman Pemkab OKU Timur.

“Apabila tidak ada hambatan, Shalat Gerhana akan dilaksanakan pada pukul 07.00. di Lapangan Upacara Pemkab OKU Timur, namun sekitar pukul 06,00. jamaah sudah harus hadir. Tentunya nanti akan ada sambutan atau penyegaran rohani oleh Bupati OKU Timur secara langsung,” katanya.

Dikatakan Ali, Shalat Gerhana merupakan salah satu sunah rosul. Salat Gerhana atau salat kusufain adalah shalat yang dilakukan dua rakaat saat terjadi gerhana bulan maupun matahari. “Dengan melihat fenomena gerhana matahari yang merupakan keagungan-Nya, shalat ini tentunya bermanfaat sebagai pendekatan diri terhadap Allah SWT dengan memperbanyak tasbih,” ungkapnya.