Diknas OKUT Sosialisasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam rangka menumbuhkan budi pekerti siswa mulai dari tingkat PAUD hingga SMA, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU Timur akan melakukan sosialisasi Permendikbud nomor 23 tahun 2015 terhadap siswa-siswi mulai dari PAUD hingga tingkat SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional melalui Kabid Diklan Sudarman ketika dikonfirmasi Senin (7/3/2016) mengatakan, Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tersebut berisi tentang penumbuhan budi pekerti siswa mulai dari PAUD hingga tingkat atas.

“Sosialisasi tersebut untuk menumbuhkan budi pekerti siswa melalui kebiasaan-kebiasaan seperti menumbuhkembangkan nilai-nilai moral dan spriritual seperti beribadah bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing serta membiasakan diri untuk merayakan hari-hari besar keagamaan,” katanya.

Selain itu kata dia, dalam sosialisasi tersebut juga akan diisi dengan penumbuhkembangan nilai-nilai kebangsaan dan kebinhekaan dengan realisasi upacara setiap hari senin, mengenakan seragam sekolah sesuai dengan kelengkapan masing-masing sekolah, serta sebelum berdoa siang guru dan siswa terlebih dahulu menyanyikan lagi daerah,” jelasnya.

Dalam Permendikbud itu juga disosialisasikan kepada siswa untuk mengembangkan interaksi positif antara peserta didik guru dan orangtua dengan selalu menebar salam, senyum dan sapa dilingkungan sekolah. Siswa juga dididik untuk membiasakan diri berpamitan baik dengan orangtua atau penghuni rumah serta melapor saat pulang ke rumah,” katanya.

Jadi kata Sudarman dalam penerapan permendikbud tersebut pihak sekolah tentunya harus bekerjasama dengan orangtua murid dan lingkungan sekitar untuk memberikan didikan kepada siswa agar menjadi siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti yang baik melalui kebiasan-kebiasaan yang ditekankan.