Kholid MD: Jangan Salah Kaprah Tentang Gerhana Matahari

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Salat gerhana Matahari di Kabupaten OKU Timur dilaksanakan dengan sederhana. Bupati OKU Timur HM Kholid MD yang ikut dalam salat gerhana tersebut meminta kepada masyarakat untuk selalu bersyukur dalam setiap hal.

Usai melaksanakan salat gerhana Kholid beserta unsur muspida menikmati sarapan bersama dengan sesekali menyaksikan gerhana matahari menggunakan kacamata khusus gerhana Matahari yang dimiliki beberapa kepala SKPD.

Kholid menjelaskan bahwa gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bulan yang menutupi matahari sehingga sinar matahari tertutup dan tidak bisa menyinari bumi selama beberapa waktu.

“Jadi jangan berfikir bahwa gerhana matahari adalah bulan menabrak matahari. Kalau demikian bukan gerhana namanya namun kiamat. gerhana matahari adalah bulan menutupi matahari dan bukan menabrak matahari. itulah gerhana matahari. Jadi jangan salah pengertian,” katanya.

Dalam ajaran Islam, bagi masyarakat yang menyaksikan gerhana baik matahari maupun bulan,  maka disunnahkan untuk menunaikan salat gerhana.