Fokus Normalisi Sungai dan Perbaikan Irigasi

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten OKU Timur tahun 2016 memfokuskan pengendalian banjir dan pengelolaan irigasi untuk memaksimalkan hasil panen dan mengantisipasi terjadinya banjir. Demikian diungkapkan kepala dinas PU Pengairan Ir Nasruddin Kamis (10/3/2016).

Menurut Nasrudin, untuk mengendailan wilayah agar tidak terjadi banjir, pihaknya akan fokus pada proses normalisasi sungai. Sedangkan untuk pengelolaan irigasi pihaknya menyusun program peningkatan saluran irigasi tersier.

“Untuk pengendalian banjir, tahun ini kita akan melakukan normalisasi sungai di enam titik lokasi masing-masing, Sungai Macak yang berlokasi di perbatasan Semendawai III, Sungai Sukomulyo Kecamatan Martapura, Sungai Nabung Kecamatan BP Peliung, Sungai Burnai kecamatan Semendawai Timur, dan Sungai Kubung kecamatan Madang Suku I,” katanya.

Dalam pelaksanaan normalisasi terhadap enam sungai tersebut kata dia, akan dilaksanakan secara serentak yang akan dimulai pada akhir Mei mendatang dengan target pengerjaan selesai pada bulan Agustus mendatang.

“Normalisasi sungai itu pengerjaannya ditargetkan selama tiga bulan. Saat ini sedang berjalan pelaksanaan konsultan perencanaan dengan kegiatan, mengukur, menggambar dan menghitung atau disebut 3M,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengelolaan irigasi kata dia, pihaknya akan meningkatkan saluran irigasi tersier di tiga wilayah, masing-masing Sumberharjo, Kumpulrejo dan Tebatjaya yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.