Harga Demokrasi di OKU Timur Termurah di Sumsel

Ketua KPU OKU Timur saat menyerahkan hasil evaluasi pelaskanaan pilkada kepada Bupati OKU Timur HM Kholid MD
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menyambangi Polres OKU Timur, Bupati terpilih, DPRD OKU Timur, dan Kejaksaan Negeri Martapura, Senin (7/3/2016) lalu untuk menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan pemilukada 2015.

Ketua KPU H Leo  Budi Rachmadi ketika diwawancarai mengatakan, total pencairan dana hibah yang digunakan untuk pelaksanaan pilkada di OKU Timur sebesar  Rp 37.437.665.140. Namun dari jumlah tersebut, KPU hanya menggunakan dana sebesar Rp 29.442.819.131. atau berhasil menghemat anggaran dana hibah sebesar Rp 9.023.214.149 yang sudah dikembalikan ke kas negara.

“Dari total anggaran yang terpakai untuk pelaksanaan pemilukada sebesar Rp 29.442.819.131, dibagi dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 489.783, maka diketahui satu mata pilih menghabiskan uang negara sebesar Rp. 60.114,” ungkap Leo.

Menurut Leo, KPUD OKU Timur merupakan salah satu kabupaten yang mampu menghemat anggaran pilkada terbesar di Sumatera selatan yang melaksanakan Pemilukada, padahal Kabupaten OKU Timur memiliki jumlah DPT yang cukup banyak.

“Ini merupakan prestasi yang mampu kami berikan kepada negara dan masyarakat OKU Timur. Terlebih hanya KPUD OKU Timur yang melaksakan kegiatan evaluasi,” tegasnya.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengucapkan terimakasih  kepada KPUD OKU Timur yang telah melaksanakan pemilukada dengan sukses dan kondusif.

“KPUD OKU Timur telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan sukses, tentunya pemerintah mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara yang telah sukses menyelenggarakan pesta demokrasi ini,” katanya.