Kholid Isi SPT Perdana Lewat Online

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat mengisi SPT tahunan didampingi Kanwil direktorat jendral pajak SumselBabel

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Aparatur Sipil Negara (ASN) menunjukkan ketaatan sebagai warga negara dan menjadi panutan bagi masyarakat lainnya dengan menyampaikan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi lebih dini tanpa menunggu batas akhir selesai. Hal itu seperti dilakukan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat mengisi SPT Tahunan  secara online atau disebut e-filling dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Kamis (17/3/2016) lalu Aula Bina Praja.

Menurut Kanwil Direktorat Jendral Pajak SumselBabel Richard Burton mengatakan, SPT wajib diisi dengan benar, lengkap dan jelas. Saat ini sudah ada cara lain dalam menyampaikannya yakni melalui e-Filing yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menurutnya, penyampaian SPT melalui e-Filing merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak.

“Wajib Pajak tidak perlu antre dan membuang waktu datang ke kantor pajak. Cukup isi di kantor atau dirumah bahkan sambil ngopi-pun bisa melakukannya dengan menggunakan e-filling,” katanya.

Menurutnya, penyampaian SPT Tahunan tersebut sejalan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 8 Tahun 2015 yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia (ASN/TNI/Polri) untuk mematuhi seluruh ketentuan peraturan perpajakan dengan mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak, membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid menegaskan kepada seluruh Pejabat baik Eselon II dan Eselon III serta pegawai yang ada untuk menyampaikan SPT secara tepat waktu. Karena kata dia, hal tersebut sangat penting mengingat kewajiban membayar pajak tertuang dalam peraturan negara dan untuk menunjang pembangunan daerah.