Selesaikan Konflik Beragama Dengan Arif

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Workshop  bertempat di Aula Hotel Parai Martapura,kemarin. Hadir dalam acara tersebut ormas isla,KUA dan pengurus agama lingkungan Kemenag,dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Kabupaten OKU Timur ,H M Ali mengatakan, persatuan dan kesatuan adalah elemen dasar dari terlaksananya setiap sendi kehidupan dan juga pembangunan persatuan dan kesatuan adalah inti keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara, karenanya persatuan dan kesatuan bukan barang mati namun senantiasa berkembang, dinamis dan harus terus kita jaga seiring tantangan dan perkembangan jaman.

“Mari kita ikuti dan manfaatkan momen silhtutahmi yang dikemas dalam bentuk sosialisasi yang terkait dengan regulasi kerukunan umat beragama di Kabupaten OKU Timur ini sebagai upaya memperkuat jalinan persatuan diantara kita,marilah kita semua berupaya menciptakan kehidupan yang harmonis, humanis dan juga agamis,”ucapnya.

Dia juga mendukung setiap upaya yang bersifat membangun terlebih terkait kerukunan umat. Ditegaskan bahwa kerukunan umat beragama merupakan modal utama terlaksananya sebuah pembangunan. Karenanya keberagaman harus menjadi modal kekayaan bersama dalam membangun dan membina kerukunan.

Dijelaskannya,konflik akibat radikalisme baik dari segi ekonomi, politik maupun keagamaan bisa diselesaikan dengan kearifan. Yakni melalui pendekatan kearifan budaya lokal, ekonomi maupun keagamaan. Solusi tersebut berdasarkan beberapa contoh keberhasilan penanganan radikalisme.

” Karenanya kebersamaan dan kearifan baik secara ekonomi, kekeluargaan dan keagamaan harus berjalan selaras. Kearifan tersebut secara otomatis juga melibatkan berbagai pihak terkait dengan koordinasi penuh. Sebagai langkah antisipasi lebih jauh, pemantauan perkembangan terus dilaksanakan. Sehingga penanganan konflik diharapkan bisa tuntas” pungkasnya.