Fery Antoni Pastikan OKUT Siaga Bencana

Wakil Bupati Fery Antoni memimpin langsung rapat koordinasi bencana guna memaksimalkan penanganan bencana sebelum terjadi.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa ataupun kerugian material, pemerintah Kabupaten OKU Timur Selasa (22/3/2016) menggelar rapat koordinasi penanganan bencana yang dipimpin oleh Wakil Bupati Fery Antoni SE berlokasi di Ruang Bina Praja.

“Akhir-akhir ini cuaca di OKU Timur cukup ekstrem. Untuk itu perlu adanya koordinasi mengenai penanganan bencana. Sat ini dalam penanganan bencana tidak lagi bersifat temporer namun sudah terencana sehingga peristiwa bencana alam dapat ditangani dengan cepat,” katanya.

Fery menegaskan, dalam penanganan bencana bukan saja tanggungjawab pihak BPBD. Melainkan seluruh jajaran pemerintahan termasuk masyarakat memiliki tanggungjawab yang sama. Sinergisitas antar lembaga dan masyarakat diperlukan agar tidak ada bencana dan korban terabaikan. BPBD adalah salah satu SKPD yang memiliki fungsi sebagai penggerak, tetapi daya dukung dari seluruh jajaran pemerintah mulai   kecamatan sampai desa wajib baik untuk informasi maupun untuk penanganan-penanganan darurat.

“Bantuan masyarakat sangat kita harapkan sehingga tidak ada bencana yang dibiarkan begitu saja terjadi terlebih sampai memakan korban jiwa,” tegasnya.

Menurut Fery, rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka menyikapi sejumlah peristiwa bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini agar pemerintah bisa menentukan langkah-langkah tertentu dalam penanganan bencana tersebut.

Dia memastikan bahwa pemerintah Kabupaten OKU Timur saat ini siap dalam menangani bencana alam dalam berbagai situasi dan kondisi. Sejumlah posko penanganan 1X24 jam kata dia, sudah disiapkan kendati OKU Timur bukan daerah siaga bencana. Selain itu, lanjutnya, Ratusan Tim Reaksi Cepat (TCR) penanganan bencana yang telah dibentuk beberapa waktu lalu juga saat ini siaga hingga tingkat desa.

“Meski demikian masyarakat tentunya harus tetap waspada dengan berbagai ancaman bencana serta segera memberikan informasi secara cepat dan akurat setiap terjadi bencana di wilayah masing-masing,” katanya.

Sementara itu, kepala BPBD OKU Timur H Rusman menyebutkan bencana tanah longsor, banjir dan angin kencang terjadi hampir di seluruh kecamatan, namun yang sangat rawan dengan angin puting beliung berlokasi di daerah Kecamatan Cempaka dan untuk wilayah rawan banjir berlokasi di Jalur Komering dan di Bataran Sungai.