Bangun Embung di Tiga Kecamatan

Ilustrasi Embung

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah OKU Timur dalam rangka mengurangi kekurangan air bagi masyarakat dan menanggulangi bencana banjir, serta  mendukung Sumsel bebas asap adalah dengan membangun embung didaerah rawan kekeringan dan banjir. Hal itu dungkapkan kepala dinas Kehutanan dan perkebunan M Husin Kamis (24/3/2016).

Menurut Husin, pembangunan embung tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2016 yang terletak di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Madang Suku 1, Madang Suku III dan Kecamatan Belitang Madang Raya.

“Rencananya pengerjaannya akan dilaksanakan pada Mei 2016 Mendatang. Embung atau cekungan yang akan dibangun berfungsi untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan yang diperkirakan mampu menampung sedikitnya 300 liter kubik air,” jelasnya.

Dalam pengerjaan embung tersebut kata dia, juga akan dilengkapi dengan water treatment (mesin pengelola air, red) yang dipergunakan untuk mengolah menjadi air baku, sehingga hasilnya bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak dan mandi.

“Jika pelaksanaan proyek tersebut tidak ada kendala, maka bisa mencukupi kebutuhan air baku bagi masyarakat. Dan apabila musim kemarau bisa digunakan untuk antisipasi kebakaran,” katanya.