Disperindag Temukan 4 Ton Garam Illegal

Garam illegal disalah satu toko di Pasar Martapura yang ditemukan tim saat inspeksi mendadak.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Tim yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten OKU Timur Dinas Kesehatan Polisi, Sat Pol PP dan instansi terkait lainnya menemukan sedikitnya empat ton garam ilegal yang belum memiliki izin resmi sari BP POM RI Senin (28/3/2016).

Tim yang menemukan tumpukan garam tersebut kemudian langsung menanyakan asal dan jumlah garam yang dijual tanpa izin tersebut. Setelah berbincang beberapa saat, Kadisperindag Ir Tubagus Sunarseno yang memimpin langsung inspeksi mendadak (Sidak) tersebut meminta kepada pihak penjual untuk mengembalikan garam tersebut sebelum tindakan tegas diambil pemerintah. Berdasarkan pengakuan dari pihak pengelola toko Makmur Martapura, garam illegal tersebut diperoleh dari wilayah Provinsi Lampung.

“Tolong dikembalikan atau jangan dipajangkan apalagi dijual. Sekarang silakan pilih, mau dikembalikan atau kami yang menyitanya. Kami beri waktu hingga dua hari kedepan. Kalau masih ada disini maka kami yang akan menyita dan membuangnya,” katanya.

Saat ini kata Tubagus, pihaknya hanya sebatas memberikan peringatan kepada distributor tersebut untuk mengembalikan garam yang tidak layak konsumsi ini kepada produsennya. Selain itu, pihaknya juga menegaskan kepada pemilik toko untuk tidak menjualbelikan garam beredar kepada konsumen karena berpotensi membahayakan konsumen.

Sementara Pihak distributor yang kedapatan menjual garam tak berizin tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa garam yang siap dipasarkan tersebut tidak diperbolehkan beredar dipasaran. Dirinya hanya mengetahui bahwa pihak produsen telah mengantongi izin tersebut, walaupun sudah jelas tidak tertera izin dari BPOM. Pada akhirnya pihak distributor siap meretur (mengembalikan sisa, red) garam ilegal tersebut kepada produsennya.

Usai melakukan sidak disejumlah toko distributor, tim sidak kemudian melanjutkan pemeriksaan disejumlah lokasi di pasar martapura mulai dari daging, makanan siap saji serta di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.