Sungai Komering Rendam Rumah dan Kebun Warga

Salah satu petani di wilayah Cempaka mengaku pasrah dengan luapan air sungai komering yang merendam tanaman perkebunan dan pemukiman warga akibat besarnya air yang dialirkan oleh pihak irigasi upper komering dan ditutupnya Bendung Randu.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTRAPURA – Tingginya intensitas hujan di hulu Sungai Komering menyebabkan sejumah wilayah di Kabupaten OKU Timur mengalami banjir akibat luapan Sungai Komering. Sebelumnya sejumlah desa di Kecamatan Martapura mengalami banjir. Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun banjir menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan dalam menjalankan aktifitas ehari-hari.

Banjir diwilayah Martapura mulai mengalami penyurutan setelah pihak irigasi Upper Komering membuka beberapa pintu irigasi untuk mengurangi debit air. Namun seiring dengan banyaknya debit air yang dikeluarkan oleh irigasi Upper Komering menyebabkan banjir terjadi di hilir sungai terutama diwilayah Cempaka yang merupakan hilir sungai Komering untuk wilayah OKU Timur.

“Air sudah mulai memasuki pemukiman warga. Kedalaman air seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan yang terbesar sejak beberapa tahun terakhir. Besarnya luapan air tahun ini disebabkan oleh besarnya air yang dialirkan oleh pihak irigasi Upper Komering secara mendadak untuk mengatasi banjir di Hulu Sungai (Martapura, red),” ungkap Yapani, warga Cempaka ketika dikonfirmasi Sabtu (2/4/20167).

Selain pemukiman warga yang sudah terendam kata Yapani, perkebunan warga seperti duku, durian, kates, dan perkebunan lainnya saat ini juga sudah mulai terendam yang mengancam tanaman warga.