Disnakan Minta Warga Kandangkan Unggas

Ilustrasi Unggas Dikandangkan.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Mengahadapi cuaca yang ekstrim saat ini, masyarakat dihimbau untuk segera mengandangkan unggas peliharaan guna mencegah masuknya penyebaran wabah virus flu burung dan virus penyakit ayam yang berbahaya bagi manusia.

“Masyarakat, terutama yang tinggal di kompleks perumahan dengan memelihara unggas, kami minta untuk dapat mengandangkan binatang peliharannya sepanjang hari, serta mengupayakan keberadaan kandang jauh dari pemukiman,.” kata Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Ir. Santio, MM melalui Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Muhammad Irsandi Rabu (6/4/2016).

Dikatakan, idealnya jarak aman kandang unggas dari rumah tinggal minimal sejauh 10 meter, sehingga dapat dicegah kemungkinan penularan virus flu burung atau virus yang lain dari unggas kepada manusia.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat yang memelihara unggas agar rutin melakukan penyemprotan kandang dengan mengunakan cairan desinfektan atau bisa juga digunakan cairan detergen.

“Jika masyarakat menemukan ada unggas yang mati, segera bakar dan kuburkan. Jangan bangkainya dibuang ke sumber air seperti sungai, selokan, laut atau tempat pembuangan sampah yang ada,” ujar dia.

Dikatakannya, warga hendaknya menggunakan masker, sarung tangan saat bersentuhan dengan unggas yang sakit atau mati,untuk menjaga tingkat kebersihan dan kesehatan unggas peternak harus menjaga kandang tetap bersih dan kering. “Serta menjaga kondisi unggas dengan cara memberi pakan dengan baik,” tuturnya.
Setelah itu kata dia, segera lakukan tindakan pemisahan terhadap unggas yang sehat dengan unggas menunjukkan gejala atau tanda – tanda sakit seperti ayam mati mendadak. Mati dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Adanya pembekakan pada jengger dan vial.

Peternak jangan mengkonsumsi unggas dan memperjual belikan unggas dalam kondisi sakit karena dikwatirkan terjadi penularan virus pada saat proses pengolahan atau kontak langsung terhadap unggas tersebut.

Pihanya akan melakukan  Desinfeksi kandang dengan cara penyemprotan menggunakan larutan desinfektan secara teratur. Bila masyarakat membutuh penyemprotan desinfrektan dapat menghubungi kantor UPTD peternkan di masing- masing Kecamatan atau dapat langsung menghubungi Kantor Disnakan OKU Timur.