Kholid Pantau Hari Pertama UN Melalui CCTV

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Martapura.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Martapura, Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan (Sumsel) Senin (4/4/2016).

Kholid pertamakali memantau proses Ujian Nasional berbasis UNBK di SMKN 1 Martapura. Ketatnya proses UN membuat Kholid tidak bisa melihat secara langsung proses UN tersebut sehingga terpaksa menyaksikan proses UN melalui CCTV yang sudah disiapkan pihak sekolah untuk memantau pelaksanaan UN.

“Kita tidak bisa melakukan pemantauan masuk ke kelas secara langsung. Jadi kita memantau melalui CCTV ini saja. dari sini juga semuanya terlihat jelas,” kata Kholid didampingi Wakapolres, dan kepala dinas Pendidikan OKU Timur di lokasi seraya berharap hasil UN tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Sementara Kepala Dinas pendidikan Nasional OKU Timur melalui kabid Diklan Sudarman mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini meliputi empat bagian mulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Madrasah Aliah, dan Paket C dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 7.771 orang.

“Untuk sistim komputer siswa yang ikut sebanyak 368 siswa yang berasal dari tiga SMK masing-masing SMK 1 Martapura, SMK Bhakti Ibu, dan SMK Sukaraja. Untuk saat ini yang mengikuti UNBK baru tingkat SMK,” katanya.

Menurut Sudarman, salah satu faktor penyebab belum seluruh sekolah disebabkan karena peralatan yang belum menunjang seperti jumlah komputer yang semestinya berjumlah sepertiga dari jumlah total siswa yang ada.

“Seperti contoh untuk jumlah siswa 600 siswa, komputer yang tersedia untuk melaksanakan UNBK sebanyak 200 komputer,” jelasnya.