Selain Air Asin, Bukit Batu Juga Miliki Air Panas

Wisata alam bukit batu yang tidak terawat selain disebabkan karena lokasi yang cukup jauh, juga disebabkan oleh akses jalan yang sulit dan buruk.

SURGA tersembunyi dari pesona wisata alam yang berlokasi di Dusun VI Bukit Batu Desa Mendah Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur cukup mengesankan. Meski berada di perbukitan dan jauh dari laut, namun air yang ada di lokasi tersebut terasa asin layaknya air laut. Selain air yang berasa asin, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat mata air panas yang mengeluarkan gelembung.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, adanya gentongan bukit batu berawal dari legenda seorang lelaki paruh baya yang belum pernah menikah yang berkeinginan untuk melamar seorang gadis yang berlokasi di dusun bukit batu dengan syarat harus mengumpulkan mata dari rusa sebanyak satu gentong. Namun sebelum syarat terpenuhi, lelaki tersebut terlebih dahulu meninggal dunia.

Kepala Dusun VI Bukit Batu Hambali (35) ketika dibincangi membenarkan adanya legenda yang hingga saat ini masih utuh tersebut. Namun sayangnya kata dia, pesona wisata alam yang ada di lokasi tersebut sulit untuk dijangkau karena jalan yang tidak memadai sehingga pesona wisata yang ada tidak maksimal.

Menurut Hambali (35) masyarakat hingga saat ini belum menemukan jawaban penyebab air yang keluar dari dalam batu berbentuk gentong tersebut terasa asin. Selain itu, meskipun musim kemarau air dalam batu tersebut juga tidak pernah mengering. Demikian juga saat musim penghujan, air tersebut tidak akan tumpah keluar.

Sedangkan Saiti (48), warga lainnya mengatakan sejak beberapa tahun lalu cukup banyak pengunjung yang datang menikmati pesona gentongan tersebut. Namun jumlahnya tidak terlalu signifikan karena jarak dan akses jalan yang sulit menyebabkan hanya orang tertentu saja yang bisa mencapai lokasi tersebut.

Dia berharap pemerintah OKU Timur memperhatikan daerah tersebut yang memiliki berpotensi wisata dengan mempermudah akses jalan.