Harga Jual Buah Kelapa di OKUT Mencapai 7 Ribu

Foto: Istimewa Ilustrasi penjual kelapa

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Tingginya permintaan buah kelapa dari dari luar daerah Sumsel membuat harga jual kelapa di OKU Timur ikut mengalami kenaikan menjadi Rp. 7000 per butir dari sebelumnya hanya Rp. 5.000 per butir. Kenaikan tersebut sudah terjadi sejak satu minggu terakhir.

Naiknya harga jual tersebut menurut Juri (43) salah satu pengepul di Martapura Selasa (12/4/2016) disebabkan oleh tingginya permintaan buah kelapa di daerah Jawa dan sekitarnya yang berimbas pada kenaikan harga yang cukup tinggi di OKU Timur.

“Permintaan buah kelapa keluar daerah cukup tinggi. Mau dikirim berapa saja mereka akan tetap menampungnya,” katanya.

Menurut Juri, untuk wilayah OKU Timur, salah satu penghasil buah kelapa terdapat di daerah Martapura yakni Desa Tebatsari yang setiap hari mengirimkan buah kelapa hingga mencapai ribuan buah ke luar OKU Timur.

“Pembeli dari pulau Jawa datang sendiri untuk mengambilnya. Kita cukup menyediakan saja nanti mereka yang akan datang mengambil dan langsung melakukan pembayaran. Namun karena daerah kita bukan penghasil kelapa besar, jadi penjualan hanya dilakukan setiap minggu dengan jumlah yang cukup banyak,” jelasnya.

Sementara salah satu pembeli ketika ditemui mengaku setiap minggu pihaknya datang untuk mengambil buah kelapa yang sudah dikumpulkan petani di satu lokasi. Pembeli kata dia, jika tidak mengambil langsung ke pengepul maka tidak akan kebagian karena cukup banyak pembeli yang datang untuk mencari buah kelapa tersebut.

“Kami mesti kesini untuk dapat barang karena saingan cukup banyak, jika hanya menunggu tidak dapat barang. Baru tahun ini buah kelapa begitu mahal, jadi para petani dan pedagang bersaing untuk mendapatkan untung,” jelasnya.