Disnakan OKUT Beri Vaksin Rabeis Gratis

Foto: Istimewa Ilustrasi Vaksin Hewan
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan anjing, kucing dan monyet, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU Timur memberikan vaksin rabies secara gartis.

Pemberian vaksin rabies secara gratis tersebut untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit tersebut yang disebabkan melalui gigitan. Setelah diberi vaksin, kata dia, maka pemilik hewan tidak perlu khawatir terkena rabies meskipun sudah tergigit.

“Hewan yang terinveksi rabies bisa menularkannya kepada manusia. Untuk itu kita memberikan vaksin untuk mengantisipasi hal itu,” katanya.

Menurut Santio, pemberian vaksin anti rabies tersebut dilakukan ke seluruh kecamatan yang ada di OKU Timur dengan menerjunkan tim yang terdiri dari dua petugas setiap timnya.

“Tim yang sudah disiapakan akan memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan monyet secara gratis. Untuk memudahkan pemberian vaksin rabies, kita akan mensosialisasikan waktunya agar warga terlebih dahulu bisa menangkap hewan peliharaan mereka,” ujarnya.

Menurut Santio, penyakit rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit tersebut bersifat zoonotik atau bisa ditularkan dari hewan ke manusia melalu gigitan.

“Rabies juga bisa disebut dengan penyakit anjing gila. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang punya hewan peliharaan mendukung kegiatan ini guna mencegah penyebaran penyakit rabies,” katanya.