Bangun Pasar Induk Martapura-Gumawang

HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian di Kabupaten OKU Timur pemerintah berencana untuk memindahkan pasar yang ada di wilayah Martapura, dan Gumawang berdekatan dengan terminal yang selama ini kurang berfungsi dengan maksimal.

“Kondisi pasar di Kota Martapura dan Gumawang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk menampung jumlah pedagang. Sudah saatnya pemerintah memikirkan untuk membuat pasar induk yang akan menjadi pusat pedagangan baik sayur mayur ataupun perdagangan lainnya sesuai dengan komoditas yang ada,” ungkap Bupati OKU Timur HM Kholid MD diwawancarai Minggu (17/6/2016).

Menurut Kholid, saat ini pasar Martapura sudah dipenuhi oleh pedagang sejak pukul 20.00 malam hingga pukul 05.00 dinihari dengan pedagang dan pembeli yang berasal dari berbagai wilayah terutama jenis komoditas sayur mayur.

Kholid mengaku sudah melihat dan memantau secara langsung kondisi Pasar Martapura yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk menampung pedagang dan pembeli yang datang dari berbagai daerah tersebut. Untuk itu dirinya berencana untuk membangun pasar induk yang nantinya akan menjadikan OKU Timur sebagai salah satu wilayah penghasil berbagai komoditas yang berasal dari berbagai daerah.

“Kita tidak boleh bergantung pada satu komoditas pertanian saja. Jangan hanya sawah dan padi saja yang dikembangkan. Saya pernah nongkrong malam hari di Pasar Martapura dan saat ini kita sudah terkenal sebagai daerah penghasil sayur meskipun sebenarnya sayur yang ada selain berasal dari OKU Timur juga berasal dari daerah Muaradua dan Lampung Barat,” katanya.

Dalam wacana pembangunan pasar Induk Tersebut, Kholid berencana untuk mendekatkannya dengan terminal yang saat ini belum di fungsikan dengan maksimal baik yang ada di Kota Martapura, Maupun di Belitang.

“Terminal jika ingin difungsikan harus dekat dengan pasar. Jika tidak dekat dengan pasar maka terminal tidak akan hidup. Saya sudah menginstruksikan kepada pakar ekonomi untuk mempelajari lokasi-lokasi pengembangan wilayah sehingga nantinya bisa menumbuhkan perekonoimian baru di OKU Timur ini,” katanya.