Peternak Diminta Waspada Pancaroba

Foto: Istimwa/ Ilustrasi sapi sakit

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Musim pancaroba, peternak sapi di wilayah OKU Timur harus lebih waspada  dengan merebaknya penyakit flu dan demam yang menyerang hewan ternak mereka, terutama sapi. Virus flu ini membuat ketahanan tubuh hewan melemah dan bila tidak segera diobati bisa mengakibatkan kematian.

“Kami harap peternak hewan harus waspada saat musim ekstrim seperti ini,kalu memang ada sapi atau kambing yang demam segara lapor ke pihak dinas peternakan,”ungkap kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU Timur, Santio.

Santio menjelaskan, musim pancaroba biasa akan mempengaruhi daya tahan tubuh pada ternak sapi dan kambing menurun, namun virus ini lebih banyak menyerang sapi. Pasalnya, daya tahan tubuh kambing lebih kuat dibandingkan sapi.

“Kambing lebih kuat daya tahan tubuhnya dibanding sapi,” katanya.

Terjangkitnya ternak sapi lanjut Santio, dari penyakit demam ditandai nafsu makan yang berkurang, sapi sedikit bergerak, dan jika tidak segera mandapat penanganan medis, kaki sapi kemudian akan pincang selanjutnya bila terus menerus dibiarkan akan mengakibatkan kematian pada sapi.

Dijelaskan, merebaknya virus demam ini bisa segera diatasi peternak dengan meminta kepada mantri hewan untuk segera mengobatinya. Di antaranya dengan memberikan multivitamin,suntik antibiotic dan obat penurun panas.

“Kesadaranya sudah tinggi, sehingga risiko kematian bisa dicegah,” imbunya.
Pihaknya juga menghimbau kepada petani sapi agar memperhatikan pola makan pada sapi, utamanya pakan ternak sapi tambahan agar tidak berganti-ganti, artinya pakan ternak sapi yang sejenis agar sapi tidak gampang terserang demam.