TNI Terus Bangun Jamban Untuk Warga

Proses pembuatan jamban di salah satu rumah warga yang dilakukan oleh sejumah anggota Koramil Martapura.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Menindaklanjuti perintah komando dalam program sejuta jamban demi budaya hidup sehat terhadap masyarakat, Koramil Martapura terus melakukan pembangunan jamban di sejumlah desa di wilayahnya untuk menggugah warga untuk membiasakan diri hidup sehat.

Danramil 403-03 Martapura OKU Timur Kapten Inf Sunarto Kamis (21/4/2016) mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan pembangunan jamban di sejumlah wilayah diantaranya di kecamatan BP Peliung, Bunga Mayang dan kecamatan Martapura. Kegiatan pembangunan jamban terakhir dilaksanakan di kediaman Pawiro pada 14-15 April 2016 lalu.

“Dengan adanya program ini selain agar kesehatan masyarakat terjamin, juga agar meningkatkan kepedulian masyarakat akan hidup sehat. Kita terus mengkampanyekan agar masyarakat membudayakan hidup sehat,” katanya.

Menurut Sunarto, pihaknya terus menghimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan terlebih cuaca saat ini yang tidak menentu. Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki jamban agar segera memberitahukan kepada pihak koramil untuk kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pembangunan jamban gratis.

“Jika tidak memiliki jamban, tentunya penyakit terus mengintai masyarakat. Untuk itu program ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran untuk beropat jika kesehatan terganggu karena belum memiliki jamban,” katanya.

Sepanjang tahun 2015 hingga 2016, lanjut Sunarto pihaknya telah melakukan upaya-upaya dalam melaksanakan program sejuta jamban dalam rangka mendukung pemerintah daerah melalui TNI agar dapat membudayakan hidup sehat kepada masyarakat.

“Otomatis dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalakan aktifitas, harus didukung dengan hidup sehat. Dengan demikian kesehatan yang terjaga dapat menunjang kegiatan sehari-hari demi mendukung kesejahteraan ekonomi,” imbuhnya.