Masyarakat OKUT Diminta Waspada

Kepala BPBD OKU Timur saat melakukan pemantauan lokasi rumah warga yang terendam banjir.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Guna mengantisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir, mengingat  akhir-akhir ini  daerah OKU Timur  dan sekitarnya masih di guyur hujan dengan intensitas yang tinggi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur, H Rusman menghimbau agar warga OKU Timur khususnya yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor, untuk lebih berhati-hati.

Menurutnya, selama musim penghujan ini, warga yang bermukim di area rawan bencana, seperti di bantaran sungai, ada baiknya untuk sementara waktu, mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Itu salah satu cara yang paling efektif untuk mengantisipasi terjadinya bencana.” ujarnya.

Selain warga yang bermukim di daerah bencana, Rusman juga menghimbau pengendara kendaraan bermotor, agar supaya lebih hati-hati ketika melintasi area perbukitan yang rawan longsor saat musim hujan ini.

“Kami selalu mengingatkan kepada warga,sebab sungai komering semakin besar dan deras,takutnya banjir kiriman dari Kabupaten tetanga masih ada,”ucapnya.
Untuk diketahui daerah di OKU Timur yang rawan banjir terdapat lima Kecamatan titik rawan bencan , diantaranya di Kecamatan Martapura, BP Bangsa raja, Madang Suku I, Madang Suku II dan Kecamatan Cempaka. Daerah ini setiap tahunya selalu langanan banjir.Untuk itu pemerintah harus mencari jalan keluar untuk mengatasi hal ini,jangan sampai sudah memakan korban banyak baru akan berbuat.