Pol PP Razia Pegawai Keluyuran

Sejumlah anggota sat pol PP saat memberhentikan salah satu pegawai yang berkeliaran saat jam kerja
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) terjaring razia, Senin pagi (25/4). Mereka adalah PNS OKU Timur yang kedapatan berkeliaran di jam kantor. Alhasil sejumlah ekspresi kebingungan tampak dari PNS saat didata oleh petugas dari Satpol PP OKU Timur.

“Saya dipanggil untuk kegiatan di sekolah,” jelas seorang ibu yang berstatus pengawas sekolah saat ditanyai kepentingan meninggalkan jam kantor. Ia juga diminta petugas untuk menunjukkan bukti dari pimpinannya tempat ia bekerja.

“Kalau memang ada perintah dari pimpinan, harus membawa surat dari kepala dinas, sebagai bukti bahwa keluar di jam kantor masih ada urusan dinas,” timpal Edwar SE selaku Kepala Bidang Penegak Perundangan dan Pelaksana Harian Sekretaris Badan Satpol PP Kabupaten OKU Timur.

Razia ini, kata Edwar, dilakukan dalam rangka penegakan kedisiplinan di lingkungan pemerintah, sesuai dengan Perda PP no 3 tentang disiplin PNS. Ini juga sesuai surat edaran Bupati OKU Timur Nomor 800/113/Satpol PP/2016.

“Yang terjaring dan kedapatan tidak bisa menunjukkan bukti surat perintah, akan kita data, mereka disuruh membuat surat pernyataan. Kemudian nanti akan kita laporkan ke pimpinan mereka masing-masing untuk ditindaklanjuti,” kata Edwar.

Razia ini, kata Edwar akan dilaksanakan rutin tiap bulan, sehingga dirinya menghimbau agar staf pemerintah dapat membawa surat izin dari Kepala Dinas jika hendak berurusan di luar pada saat jam kantor.