OKU Timur Siap Tanggulangi Bencana

Bupati OKU Timur HM Kholid MD Saat memeriksa kesiapan personil dalam menanggulangi bencana
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Apel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan bencana kabupaten OKU Timur. Secara geografis Kabupaten OKU Timur merupakan daerah rawan bencana seperti bencana angin puting beliung dan tanah longsor,.

“Untuk menaggulangi bencana tersebut Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, akan membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana diantaranya, bencana banjir, bencana angin puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, kebakaran rumah penduduk dan tanah longsor,” ungkap HM Kholid M dalam kata sambuta Apel Kesiapsiagaan bencana Kamis (28/4/2016).

Semua rangkaian, imbuh Kholid, peristiwa alam tersebut sebenarnya merupakan peristiwa alam yang bisa saja terjadi, namun dampak dari peristiwa tersebutlah yang menjadi masalah atau menjadi bencana, seperti merobohkan rumah, merusak sarana prasarana dan fasilitas masyarakat yang ada bahkan menimbulkan korban jiwa baik luka-luka atau bahkan meninggal dunia.

“Kesiapsiagaan ini tentulah diarahkan untuk mempersiapkan personil dan peralatanya, dengan kesiapan tersebut, personil dan peralatan akan lebih cepat dan siap untuk memobilisasi kewilayah yang dianggap rawan dan berpotensi bencana. Saya berharap para personil penanggulangan bencana selalu siap dan peralatan yang ada dalam kondisi baik, digunakan secara maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu, H Rusman, SE, MM selaku kepala BPBD dalam kata sambutanya mengatakan, tujuan dari kegiatan apel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan bencana ialah, dalam rangka penanggulangan bencana banjir, kebakaran hutan dan lahan, serta tanggap dalam hal penaggulangan bencana secara terarah, terpadu cepat dan tepat.

“Adapun personil penanggulangan bencana dianataranya, Palang Merah Indonesia (PMI) sebanyak satu peleton, Masyarakat peduli bencana satu peleton dan Senkom sebanyak satu peleton,” katanya.

Kegiatan apel, lanjut Rusman, kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan bencana kabupaten OKU Timur tahun 2016. Adapun peserta apel diantaranya, Yon Armed martapura sebanyak satu peleton, Puslatpur Martapura satu peleton, Tepbek-ANG II-44-04-A-BTA satu peleton, Polres OKU Timur satu peleton, Bankespol satu peleton, Dinas kesehatan satu peleton, DKKP satu peleton, Dinas Kesejahteraan Sosial satu peleton, Dinas kehutanan dan perkembunan satu peleton, Dinas pertambangan dan energi satu peleton, Dinas PU Bina Marga satu peleton, Dinas PU Perairan, satu peleton Dinas perhubungan satu peleton dan SATPOL-PP sebanyak satu peleton.