Dispenda Segera Tertibkan Reklame Illegal

Ilustrasi penertiban reklame

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten OKU Timur akan melakukan penertiban papan reklame liar atau yang belum melakukan pembayaran pajak reklame. Hal itu dilakukan guna menunjang pendapatan daerah.

Kadispenda OKU Timur Hermansyah Qodho ketika dikonfirmasi Kamis (12/5/2016) mengatakan, rencana penertiban tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat dengan turun langsung ke lapangan melakukan pembersihan reklame liar dan papan reklame yang belum melakukan pembayaran pajak.

“Kita akan menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP),  Pelayanan Perizinan  dan Bagian Umum Sekretriat Daerah (Setda) OKU Timur dalam melakukan penertiban dan pendataan reklame liar tersebut,” katanya.

Dari hasil pemantauan tim di wilayah Martapura dan Belitang kata dia, cukup banyak papan reklame liar dan tidak memiliki izin serta papan reklame yang belum membayar pajak. Papan reklame kata dia, harus memiliki izin dan membayar pajak untuk pendapatan daerah oleh pemasang.

“Penertiban merupakan upaya optimalisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Reklame dengan melakukan penegakan hukum. Penertiban yang akan dilakukan kali ini sesuai prosedur.  Kita sudah melakukan tindakan preventif dan persuasif baik melalui surat teguran maupun melalui telepon kepada para pemilik reklame untuk segera membayar pajak. Namun hal itu tetap tidak diindahkan sehingga tindakan tegas terpaksa diambil,” katanya.

Dikatakan Herman, pihaknya sudah melakukan penertiban reklame pada awal maret lalu dengan cara melakukan pembongkaran. Adapun beberapa reklame yang sudah ditertibkan masing-masing milik Toyota Auto 2000 Belitang, HP Evercoss Charitas, Kopi Kapal Api Fresto, dan sepanduk-sepanduk merk dagangan rokok ilegal sepanjang jalan raya belitang.