Monitoring Sembako Jelang Ramadhan

Kadisperindag OKU Timur menemani tim dari provinsi melakukan monitoring di pasar Martapura OKU Timur.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk memastikan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang ada di Pasar OKU Timur tidak mengalami kenaikan sehingga memberatkan masyarakat, Asisten II bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel  Ir Yohanes H Toruan didampingi Kadisperindag OKU Timur Ir Tubagus memantau langsung harga sembako. Selain memantau harga sembako, tim juga melakukan pemantauan di Gudang Bulog Martapura.

“Selain memantau barang, kita juga turun sebagai bentuk pengendalian inflasi daerah, salah satunya dengan memantau harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan. Sejaun ini belum ada lonjakan signifikan, kalaupun ada kenaikan biasanya terjadi pada harga bawang, cabai dan daging mulai adanya kenaikan, namun kenaikan tersebut masih merata di beberapa daerah, namun apabila ada masalah, kita bisa antisipasi,” katanya.

Yohanes jutsru menjamin ketersediaan stok bahan pokok yang ada di OKU Timur hingga menjelang ramadhan tidak akan mengalami kekurangan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokok. Selama ketersediaan masih cukup kata dia, tentunya harga tidak akan mengalami kenaikan.

“salah satu yang kita pantau dan awasi adalah ketersediaan. Karena biasanya selalu diiringi dengan kenaikan harga. Stok bahan pokok aman, baik itu di OKU Timur maupun kabupaten lain di Sumsel,” jelasnya.

Sementara Jana (27) Ibu Rumah Tangga asal Kotabaru mengatakan, kenaikan harga sembako saat ini belum signifikan dan masih terbilang stabil. Namun kata dia, pemerintah harus terus melakukan pemantauan karena biasanya kenaikan akan terjadi satu minggu menjelang ramadhan dan akan terus terjadi hingga menjelang hari raya.

“Memang saat ini belum ada kenaikan harga barang. Biasanya kenaikan akan terjadi menjelang ramadhan. Permainan pedagang adalah dengan membuat langka barang sehingga otomatis harga akan naik. Hal seperti itu yang harus diawasi oleh pemerintah,” katanya.