Petani Tadah Hujan Harus Siapkan Pompa Air

Ilustrasi Pompa air lahan pertanian

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini, tentunya kadang membuat bingung para petani, khusunya padi atau palawija lainnya. Ditambah lagi untuk tanah tadah hujan dengan saluran irigasi yang terkadang kurang mendukung, tentunya menjadi persoalan tersendiri bagi para petani saat ini. Sehingga, untuk mengantisipasi kondisi tersebut, mesin pompa air harus disediakan di setiap titik pada lahan tadah hujan.

“Kita himbau kepada petanai sawah tadah hujan agar mempersiapkan pompa air,ini untuk mengantisipasi agar sawah tadah hujan tidak kekeringan,”ungkap  Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten OKU Timur,Ir Razuan Efendi.

Razuan mengatakan,adapun untuk berbagi solusi atas kondisi kekeringan di sawah tadah hujan, menurutnya bisa digunakan pemasangan pompa-pompa air di beberapa titik. Sehingga, kekhwatiran para petani atas kebutuhan air pada ladang-ladangnya bisa terpenuhi meskipun memang akan menambah biaya produksi demi mendapatkan hasil yang diharapkan. Memang ini disarankan untuk tanah-tanah tadah hujan ketika kekurangan distribusi ari, sehingga bisa memberikan antisipasi kekeringan yang sering terjadi saat ini di beberapa wilayah.

Meskipun lanjutanya kadangkala hanya satu sampai dua kali panen untuk padi, tentunya dengan bantuan pompa air, bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam yang lainnya pada musim ketiganya. Sehingga lahan yang ada bisa dimanfaatkan secara baik oleh para petani.

“Menurut saya, pemasangan pompa-pompa air khusus untuk lahan tadah hujan bisa dilakukan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman, sehingga apa yang diharapkan petani bisa dirasakan,” ujarnya.

Adapun kedepannya, dirinya akan berusaha untuk memberikan bantuan pompa air bagi kelompok tani,karena imbasanya juga sangat dirasakan oleh para petani. Selain memang bantuan pendukung harus dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah, jika memang harapan swasembada pangan itu harus diwujudkan dengan baik.