Peserta OSN di Sumsel Diduga Keracunan

Foto: Istsejumlah peserta OSN yang berasal dari berbagai daerah terbaring lemas yang diduga disebabkan oleh keracunan makanan.

KABAROKUTIMUR.COM, SUMSEL – Puluhan peserta Olimpiade Sains Nasional (osn) Tahun 2016 di Kota Palembang mendadak sakit secara serentak Selasa (17/5/2016). Puluhan peserta tersebut yang mengalami pusing dan mual-mual tersebut diduga mengalami keracunan setelah memakan menu makanan yang disediakan oleh panitia.

Mengetahui sejumlah peserta mengalami gejala pusing dan mual-mual pihak panitia langsung melakukan perawatan medis di ruang khusus yang disediakan di Hotel Grand Duta Palembang. Para siswa yang merupakan peserta OSN tersebut terlihat masih lemas. Para peserta tersebut berasal dari berbagai daerah di luar Sumsel seperti Banten, Jawa Tengah dan sejumlah daerah lainnya.

Kepala dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel Drs Widodo MPd yang mengetahui adanya kejadian tersebut langsung melakukan sidak mendadak dan melihat secara langsung kondisi peserta yang masih terbaring lemas dalam perawatan tim medis.

“Soal ini saya tidak bisa memberikan komentar terlalu jauh karena ada ahlinya. Yang sakit hanya 19 orang, ada peserta dan ada juga panitia. Mengenai penyebabnya hingga saat ini belum bisa dipastikan,” katanya.

Mengenai kepanitian OSN 2016 kata dia, panitia terbentuk dalam dua mekanisme yakni panitia pusat dan panitia daerah. Untuk semua tugas mengatur penginapan dan konsumsi semuanya merupakan tugas panitia pusat.

“Perlu diketahui, tugas panitia daerah hanya menjemput dan mengantar peserta dari bandara. Kemudian mengatur acara pembukaan dan penutupan. Untuk yang lainnya termasuk makan dan menginap, tugas dari panitia pusat,” tegasnya.