BPBD OKUT Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Kepala BPBD OKU Timur saat menyerahkan bantuan kepada perangkat Desa Bantan Pelita untuk kemudian diserahkan kepada keluarga korban.

 

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Desa Bantan Pelita, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur memberikan bantuan berupa makanan cepat saji serta sejumlah perlengkapan sekolah.

Kepala BPBD OKU Timur H Rusman ketika dikonfirmasi mengaku sudah memberikan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi beberapa hari sebelumnya dengan memberikan sejumlah kebutuhan rumah tangga seperti pakaian sekolah untuk anak korban, makanan siap saji, selimut dan kebutuhan lainnya.

“Bantuannya kita serahkan kepada korban melalui perangkat desa untuk kemudian perangkat desa yang akan memberikan bantuan tersebut kepada korban kebakaran. Memang nilainya tidak terlalu besar, namun diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban mereka yang terkena musibah,” kata Rusman.

Rusman menghimbau, kepada masyarakat OKU Timur menjelang musim kemarau beralngsung untuk lebih berhati-hati dalam menyalakan api karena bisa sja percikan api menyebabkan kebakaran yang lebih besar baik pemukiman penduduk maupun kebakaran hutan yang bisa berdampak pada timbulnya kabut asap.

“Namun jika kebakaran sudah  terjadi kita meminta masyarakat untuk dapat berfikir tenang dan tidak panik karena kepanikan justru akan menimbulkan maslah dan bukan menyelesaikan masalah,” katanya.

Sementara Robi warga Kotabaru mengatakan, kebakaran biasanya kerap terjadi pada musim kemarau karena peralatan rumah tangga dan kayu yang ada dalam keadaan kering dan sangat mudah terbakar.

“Masyarakat harus berhati-hati karena jika tidak bisa menimbulkan korban jiwa. Jika satu saja yang terbakar, maka akan dengan mudah merambat ke lokasi lain terlebih saat musim kemarau berlangsung,” katanya.