Pemkab OKUT Siapkan 120 Lapak Pasar Bedug    

Foto: Ilustrasi Pasar Bedug
loading...

 

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Memasuki Bulan Suci Ramahdan 1437 Hijriah (H) tahun 2016 pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten OKU Timur akan menyediakan lapak berjualan takjil sebanyak 120 lapak yang berlokasi di pasar bedug taman Kota Martapura.

“Pasar bedug tersebut rencananya akan diresmikan pada 9 Juni 2016 atau beberapa hari setelah memasuki bulan suci ramadhan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD. Untuk dapat berjualan pedagang tidak akan dikenakan biaya berjualan dan hanya akan dikenakan biaya kebersihan saja,” ungkap kadisperindag Ir Tubagus Sunarseno Selasa (24/5/2016).

Menurut Tubagus, pasar bedug tersebut dilaksanakan selain untuk memudahkan masyarakat yang menjalankan ibadah puasa mencari takjil juga sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memberdayakan perekonomian rakyat. Masyarakat diberikan ruang untuk membuka usaha yang menjadi kebutuhan masyarakat selama melaksanakan puasa Ramadhan.

Selain itu kata Tubagus, keberadaan pasar bedug juga bisa menjadi salah satu ajang silaturahmi antara pedagang dan pembeli yang setiap tahun selalu dilaksanakan. Namun tubagus berharap kepada seluruh pedagang untuk dapat memperhatikan kebersihan lokasi hingga kebersihan dagangan agar konsumen tidak merasa kecewa.

“Jangan jadikan pasar bedug sebagai ajang berbisnis dengan menghalalkan segala cara. Jadilah penjual yang jujur dan memperhatikan kesehatan pembeli,” katanya.

Sementara Aris mengatakan, keberadaan pasar bedug cukup membantu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa terutama mereka yang berasal dari wilayah lain. Namun dia berharap pemerintah benar-benar mengawasi semua dagangan yang ada sehingga tidak ada yang membahayakan.

“Sudah tradisi setiap bulan ramadhan banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan yang tidak sehat dan mengandung bahan berbahaya. Pemerintah harus intens melakukan pemeriksaan dan pengecekan,” katanya.