Seluruh Siswa Segera Miliki Akta Kelahiran

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menandatangani prasasti bersamaan dengan peringatan hari pendidikan nasional.

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Untuk memastikan seluruh siswa di Kabupaten OKU Timur memiliki dokumen kependudukan atau akta kelahiran, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan Dinas kependudukan dan Catatan Sipil dalam pembuatan akta kelahiran. Kerjasama antara dua SKPD tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan di Kecamatan Belitang dan dihadiri langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD Kamis (26/5/2016).

“Kerjasama ini dalam rangka program pembuatan akta kelahiran yang berkaitan dengan data pokok pendidikan yang wajib selalu di uptade oleh sekolah. Pihak sekolah nantinya akan memberikan data kepada disdukcapil yang kemudian akan dilakukan pencetakan akta kelahiran,” katanya.

Dengan adanya kerjasama tersebut kata dia, maka antara ijazah dengan akta kelahiran siswa tidak akan berbeda sehingga kedepan bisa memudahkan para siswa ketika sudah selesai menempuh pendidikan.

“Jadi dengan adanya program ini seluruh siswa mulai dari SD hingga menengah atas dipastikan memiliki akta kelahiran. Mengenai mekanisme nanti akan dibahas lebih lanjut apakah petugas disdukcapil yang ke sekolah-sekolah atau seperti apa nanti akan dibicarakan lebih lanjut,” kata Ali.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya mengapresiasi terobosan yang diakukan oleh Diknas dan Disdukcapil. Dengan demikian kata dia, maka pencetakan akta kelahiran untuk siswa sekolah tidak akan menjadi masalah lagi karena semuanya sudah dikoordinir oleh dinas pendidikan.

“Kalau tidak demikian maka akan ada hambatan. Setiap hari siswa sekolah dan mereka tidak akan memiliki waktu. Namun dengan adanya kerjasama ini maka nantinya semuanya akan lebih mudah dan ini bisa dilanjutkan hingga tahun-tahun yang akan datang agar administrasi kependudukan benar-benar terdata dengan baik,” kata Kholid.

Peringatan hardiknas tersebut dihadiri oleh puluhan kepala sekolah, guru dan sejumlah tokoh masyarakat. Dalam kesempatan tersebut juga HM Kholid sempatan memberikan pembinaan terhadap jajaran Dinas pendidikan OKU Timur.