Disperindag OKUT Siap Lakukan OP

Ilustrasi Operasi Pasar

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU Timur siap menggelar operasi pasar (OP) apabila terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan Lebaran.

Kepala Disperindag OKU Timur Tubagus Sunarseno mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat  terkiat untuk pengendalian harga kebutuhan pokok jelang puasa dan Lebaran. “Jika terjadi kenaikan harga, kami langsung diminta mengadakan operasi pasar,” ujar Tubagus saat dihubungi koran ini,kemarin.

Dijelaskan Tubagus masyarakat tidak perlu resah dengan kenaikan harga bahan pokok. Saat ini, menurutnya, harga bahan pokok di Pasar  OKU Timur tidak ada yang mengalami kenaikan begitu siknipikan.

Kenaikan harga hanya sempat terjadi sekitar  minggu lalu pada komoditas gula pasir, telor, dan sayur mayur itu pun tidak signifikan hanya naik sekitar Rp 500 sampai Rp 1.000 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga gula pasir telur dan sayur mayur juga terjadi di seluruh daerah. Penyebabnya, ada perubahan regulasi di tingkat pusat yang mengatur mengenai penggunaan gula untuk industri dan perubahan cuaca yang masih ekstrim.

“Yang jelas pemerintah OKU Timur melalui pihaknya selalu siap mengelar OP apabila memang ada gejolak dipasar,pihaknya juga menghimbau kepada agen-agen jangan bermain harga atau menimbun barang,kasian warga yang akan merasakan akibatnya,”pungkasnya