DPR OKU Timur Setujui Tiga Raperda

Ketua DPRD OKU Timur didampingi Bupati dan unsur pimpinan DPRD saat menandatangani perda menjadi Raperda pada rapat paripurna Senin (30/5) malam.

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Sebanyak tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan Pemerintah OKU Timur disetujui menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU Timur. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna penutup Senin (30/5/2016) malam.

Adapun tiga Raperda yang disetujui menjadi Perda tersebut masing-masing perda mengenai tatacara pemilihan kepala desa, perda mengenai penyalahgunaan Narkotika dan psikitropika dan perda tentang Tower Telokmunikasi. Sedangkan dua raperda yang tidak disetujui masing-masing perda mengenai pengaturan  jalan Kabupaten dan desa untuk angkutan hasil tambang batubara, dan perda tentang pemekaran kecamatan Belitang.

Dalam laporan pansus I yang diketuai oleh Venus Antonius dan pansus II yang diketuai oleh Rapelta menyebutkan bahwa pembentukan perda mengenai retribusi menara telkomunikasi diharapkan agar menara yang ada bisa tertata dengan rapi. Selain itu, dalam pembangunan menara juga harus memiliki izin dari bupati dan pembangunannya juga harus sesuai dengan tata ruang berdasarkan undang-undang tentang penataan ruang.

“Penataan ruang memperhatikan keterkaitan antar wilayah melihat kondisi ekonomi sosial budaya hukum dan ilmu pengetahuan. Pembangunan menara juga jangan sampai memiliki dampak negatif. Selain itu, dalam pembangunan dan perizinan menara perlu adanya retribusi dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Menurut Venus jumah menara tower yang ada di OKU Timur saat ini sebanyak 138 menara dengan jumlah yang sudah memiliki izin hanya sebanyak 88 menara saja. Sedangkan sisanya sebanyak 71 menara tidak memiliki izin dan tidak pernah melakukan pembayaran retribusi ke pemerintah daerah.

“Kita harapkan agar nanti PAD OKU Timur bisa mengalami peningkatan dari retribusi menara ini,” katanya.

Sedangkan pansus II yang diketuai Rapelta mengatakan, Raperda yang disahkan mengenai narkotika dan tata cara pemilihan kepala desa.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas disetujuinya tiga dari lima raperda yang diajukan menjadi perda oleh DPRD OKU Timur. Dalam seluruh proses yang berlangsung kata Kholid partisipasi dari semua element sangat diharapkan. Sedangkan dalam pelaksanaan pembangunan pemerintah akan melakukannya dengan terbuka dalam setiap proses.

“Semuanya bisa dilihat dan disaksikan secara langsung oleh masyarakat dan setiap proses dapat di pertanggungjawabkan,” kata Kholid.