Kankemenag OKU Timur Gelar Focus Group Discussion

ilustrasi Focus Group Discussion

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) OKU Timur menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Laporan keuangan Kementerian/ Lembaga berbasis Akrual (2/6/2016) lalu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah dan operator keuangan tersebut dilaksankan di ruang PPID Kemenag OKU Timur,kemarin.

Kankemenag OKU Timur bekerja sama dengan KPPN Baturaja  Kabupaten OKU untuk memberikan pelatihan pada operator Madrasah di Lingkungan Kemenag OKU Timur. Tim yang beranggotakan 5 orang tersebut memberikan pembinaan mengenai beberapa laporan keuangan.

Kepala KPPN Baturaja Abdullah menyambut baik adanya kegiatan Focus group Discussion tersebut. Menurutnya kegiatan ini tentunya akan membantu operator untuk membuat laporan yang baik. Ia mengatakan pula bahwa beberapa waktu lalu KPPN memberikan penghargaan pada satker mitra terbaik KPPN dan Kementerian Agama OKU Timur termasuk yang terbaik, walaupun bukan terbaik pertama

“Kemenag OKU Timur, MAN Gumawang, dan MIN Tanjung Kemuning termasuk mitra terbaik KPPN Baturaja, walaupun belum peringkat pertama. Oleh sebab itu pada penghargaan beberapa waktu lalu kami undang ke Palembang sebagai mitra terbaik KPPN. Alhamdulillah terbaik pertama diraih oleh Kanwil kemenag Prov. sumsel,” ujarnya

Dikatakannya bahwa Kementerian Agama merupakan satker yang paling banyak, namun Kementerian Agama mampu membuktikan kemampuan dalam pengelolaan laporan keuangan. Kementerian Agama juga memperoleh Predikat WTP pada pelaporan keuangannya.

Sementara Kakankemenag OKU Timur H. Muhammad Ali, S.Ag, M.Pd.I mengatakan bahwa Kemenag OKU Timur ditunjuk sebagai pilot projet ZI. Oleh sebab itulah kegiatan ini digelar untuk memeriksa laporan keuangan dan bagaimana membuat laporan yang baik.

Selain itu pula program kemenag OKU Timur yang baru di launching yaitu IT Corner juga mengaruskan ASN Kemenag OKU Timur mampu menggunakan aplikasi-aplikasi salah satunya keuangan, yang menurutnya banyak sekali aplikasi yang digunakan dalam laporan keuangan.

“Kita berterimakasih pada KPPN baturaja yang menerjunkan timnya, bahkan kepala KPPN baturaja juga bersedia untuk hadir dan bersama membuka kegiatan ini” ucap Ali.