Kankemenag Loncing IT Coner Peningkatan Kompetensi SDM

IT Coner Peningkatan Kompetensi SDM

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) OKU Timur melaunching IT Corner. Launching yang merupakan salah satu program Peningkatan kompetensi dan pengembangan SDM Kemenag OKUT berbasis IT tersebut resmi di launching oleh Kakankemenag OKU Timur, H.Muhammad Ali,S.Ag, M.Pd.I kemarin di aula Kemenag OkU Timur. Seluruh PNS di jajaran Kemenag OKU Timur hadir saat launching IT Corner Tersebut.

Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya Kementerian Agama Kab.OKU Timur untuk memberikan fasilitas dalam pengembangan IT pegawainya. Menurutnya semua prograam dan kinerja pegawai sudah menggunakan perngkat TIK dan berbasis elektronik.

Seperti kewajiban PNS saat mengisi SPT tahunan, SIHARKA,PUPNS, dan lainnya. Belum lagi menurut Ali aplikasi yg digunakan pada masing bidang di bidang  pendidikan  ada aplikasi SIMPATIKA ,di Bimas Islam ada aplikasi SIMKAH, SIMAS, SIMBI,kedepan juga akan ada e-DUPAK, dan aplikasi lainnya yang berbasis internet.

Layaknya sebuah kursus, program IT Corner menawarkan beberapa tingkatan kelas, seperti kelas elementary yang di khususkan bagi pegawai yang masuk kategori belum sama sekali mengenal komputer, perangkat komputer seperti software dan hadware, manajemen file dan  lainnya.

Ada juga kelas Intermediet yang dikhusukan pada pegawai yang sudah memiliki kemampuan dasar, namun belum mengenal pada tingkat menengah seperti pengenalan internet, menggunakan searcg engine (mesin pencari), menggunakan elektronik mail (e-mail) menggunakan web browser, membuka website, mengenal media sosial, dll.

Sementara untuk tingkat lanjut program yang ditawarkan sudah mengenal berbagai macam aplikasi. seperti aplikasi kepegawaian, perencanaan, aplikasi pendidikan, Bimas Islam dan aplikasi-aplikasi lainnya.

“Dengan program ini kita berharap seluruh pegawai melek IT, berdasarkan analisis kepada pegasai saat pengisian data dan informasi pegawai seperti laporan SIHARKA,SPT tahunan dan laporan pribadi PNS lainnya,  para pegawai masih banyak yang menggunakan jasa operator, padahal tingkat kerahasiaan dan kemanan data pegawai tersebut merupakan tanggung jawab pribadi pegawai tersebut”  ujar Ali

Oleh sebab itulah kedepan seluruh informasi yang diberikan kepada pegawai akan diberikan melalui web sumsel.kemenag.go.id juga melalui email pegawai masing-masing. Sehingga mau tidak mau pegawai harus mampu dan harus belajar TIk. Bila pegawai tidak mau untuk belajar, maka mereka otomatis akan ketinggalan atau bahkan tidak mengetahui informasi.

“Kemenag OKUT  telah membentuk tim khusus untuk memberikan peltinan pembinaan dan pengajaran TIK, yang siap memberikan pelatihan secara gratis”  terang Ali

Pada acara launching tersebut juga diserahkan X Banner program IT Corner oleh Kakankemenag OKU Timur pada seluruh Kepala Madrasah dan Kepala KUA untuk IT corner pada masing masing wilayah.serta masing-masing pimpinan satker menandatangani komitmen pelaksanaan IT Corner tersebut.

Pada kesempatan itu pula Kemenag OKUT menandatangani kerjasama dengan Dinas Kepedudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Timur untuk program pendataan penduduk melalui aplikasi SIMKAH, juga kerjasama dengan KPPN Baturaja yang berkaitan dengan Aplikasi laporan keuangan.