RM Wajib Pakai Kain Panjang Selama Ramadhan

Ilustrasi rumah makan ditutup Kain Selama Ramadhan

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURa – Setiap Rumah Makan (RM) yang masih buka di bulan Ramadhan diharapkan untuk menutup tempatnya dengan menggunakan tirai atau kain panjang. Tujuannya adalah untuk menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur yang dipimpin Oleh H Kholid Mawardi sebagi bupati melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) OKU Timur nantinya akan memberikan surat edaran dan terjun ke lapangan untuk memantau setiap RM yang ada, apakah tempatnya ditutup pakai kain atau tidak.

“Kami himbau usaha rumah makan agar menutup dengan kain panjang,ini untuk menghormati yang menunaikan ibadah puasa ,”ungkap Asiten I Setda OKU Timur Mgs Habibullah,  dan juga Plh Kasat Satpol PP OKU Timur,kemarin saat dihubungi koran ini.

Dikatakan ,nantinya petugas Sat Pol-PP akan melakukan penelusuran ke daerah pasar  yang banyak terdapat RM ataupun Warteg. Pihaknya tidak melarang jika warung makan ingin tetap beroperasi. Namun tidak boleh secara terang-terangan. Hal itu dimaksudkan agar puasa yang dilakukan oleh umat islam tidak terganggu.

“Puasa ini kan hanya sebulan sekali dalam satu tahun, kami harap pemilik warung makan atau restauran dapat mengindahkannya. Surat edaran inipun akan kami sampaikan pada pemilik rumah makan atau restauran, ” ucapnya.

Dalam surat edaran,  itu sambung dia, tidak hanya berlaku bagi rumah makan yang harus menghormati bulan suci Ramadhan, akan tetapi penginapan ataupun hotel, pemilik tempat hiburan serta tokoh-tokoh untuk tidak memperjual belikan minum-minuman keras dalam bulan puasa ini nanti. Pihaknya akan tetap menggelar razia. Sebab jika setelah SE ini disampaikan dan ternyata masih juga ada yang menjual bebas minuman beralkohol, maka akan di jadikan tindak pidana ringan (Tipiring).

“Tidak hanya itu pemilik hotel maupun penginapan juga kami larang menyediakan tempat bagi pasangan mesum di kamar penginapan itu, ” tutupnya.