OKUT Sediakan Beras Organik di Rumah Makan

HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Kabupaten OKU Timur akan menjadikan beras organik atau beras sehat sebagai salah satu produk andalan daerah yang saat ini masih terus dilakukan pengembangan mulai dari perluasan lahan hingga perbaikan produksi sehingga beras organik yang dihasilkan benar-benar sehat menjadi tujuan utama orang luar.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan berbagai langkah dalam mengembangkan produksi beras organik tersebut salah satunya dengan pengambilan label organik dan perluasan lahan dan pengecekan kadar berasnya apakah mengandung kimia atau tidak.

“Jadi memang harus benar-benar organik dan tidak menggunakan pupuk kimia. Jangan sampai menggunakan pupuk organik setengah dan kimia setengah hasilnya dikatakan organik. Hal itu tentu saja tidak bisa dibenarkan. untuk itu kedepan kita akan menjual beras yang benar-benar sehat dan tidak mengandung bahan dari pupuk kimia,” katanya.

Sedangkan untuk pemasarannya kata Kholid, pemerintah sudah memiliki rencana sendiri yakni menyediakan beras organik di sejumlah rumah makan di OKU Timur dengan label atau spanduk yang diletakkan di pintu masuk rumah makan tersebut yang bertuliskan ‘Rumah makan ini menyediakan beras organik’.

“Jika semua sudah kita siapkan dan tinggal melakukan promosi. Nanti orang luar akan tahu dimana lokasi untuk membeli beras organik dan dimana untuk mencicipinya. Ini nanti akan menjadi brand OKU Timur,” katanya.

Dikatakan Kholid, saat ini luas lahan yang sudah ditanami beras organik mencapai hingga 250 Hektare (Ha) dan semuanya sudah laku terjual ke Jakarta dan sudah memiliki konsumen tetap. Padahal kata dia, beras organik selama ini tidak pernah di promosikan secara besar-besaran, namun sudah diminati orang luar.

“Melihat dari pengalaman tersebut, beras organik OKU Timur cukup bagus dan dicari di luar daerah. Kedepan harapan kita agar beras organik ini bisa menjadi produk unggulan kabupaten OKU Timur,” katanya.