12 Titik Poskotis Didirikan di OKUT Saat Mudik Lebaran

ilustrasi gambar mudik lebaran

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Timur sudah mempersiapkan berbagai persiapan untuk memberikan kenyamanan terhadap pemudik salah satunya dengan mempersiapkan Pos Komando Taktis (Poskotis) di sejumlah lokasi yang padat akan aktifitas pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan OKU Timur Djunaidi melalui Kabid DLLAJ Rozalino ketika dikonfirmasi membenarkan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan mempersiapkan 12 titik Poskotis.

“Poskotis yang akan dibangun bekerjasama dengan seluruh instansi seperti POLRI, TNI, kesehatan dan instansi terkait lainnya yang juga dilibatkan dalam poskotis ini. Untuk lokasi pos belum ditentukan titiknya. Namun yang jelas kita akan mengutamakan lokasi titik pasar dan simpang empat yang tinggi intensitas pemudik,” katanya.

Menurut Rozalino, Poskotis yang dibangun selain bertujuan untuk memantau dan memberikan kenyamanan kepada pemudik, juga sebagai lokasi istirahat bagi pemudik yang sedang melakukan perjalanan. Dalam poskotis tersebut, petugas akan mempersiapkan berbagai kebutuhan beristirahat seperti tempat tidur, dan kebutuhan lainnya.

“Kalau rest area kita tidak ada. Namun ada beberapa pengusaha swasta yang membangun rest area yang bisa dijadikan pemudik sebagai lokasi beristirahat. Pemerintah hanya membangun poskotis. Jika ada sejumlah rumah makan, Pom bensin dan tempat peristirahatan lain yang membangun rest area dan itu sah-sah saja,” Katanya.

Sementara Jaya, warga Martapura mengatakan keberadaan poskotis tentu saja sangat membantu pemudik dalam untuk kenyamanan dan keamanan. “Biasanya pemudik kalau sudah capek akan beristirahat dimana saja. Jadi poskotis inilah yang bisa menjadi alternatif untuk beristirahat,” katanya