115 Narapidana Rutan Martapura Diajukan Dapat Remisi

ilustrasi narapidana yang mendapat remisi

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Sebanyak 115 narapidana di Rutan Martapura diusulkan untuk menerima remisi hari raya atau disebut Remisi Khusus Idul Fitri 1437 Hijriah terhadap sejumlah penghuni rutan yang memiliki kelakuan baik selama di lapas Martapura.

Kepala Rutan Cabang Martapura Suparman A.MdIP, SH, MH mengatakan, pemberian remisi ini berdasarkan Keppres Nomor 174/1999 tentang Remisi. Adapun usulan remisi Khusus I.16 sebanyak 113 orang, dan usulan remisi Khusus II.16 sebanyak dua orang sehingga total usulan remisi idul fitri berjumlah 115 orang.

“Usulan tersebut diajukan kepada kepala kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM Sumsel. Nantinya hasil keputusan remisi ini biasanya akan diputuskan atau disetujui pada H-3 sebelum Idul Fitri,” ujarnya.

Selain remisi khusus, pihaknya juga mengusulkan untuk remisi umum pada 17 Agustus 2016 mendatang. Sebanyak 121 orang akan diajukan untuk mendapatkan Remisi Umum (RU). Memang kata dia, tidak semua napi berhak mendapat remisi. karena ada beberapa syarat yang harus mereka penuhi seperti telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan tidak dalam hukuman disiplin.

Ketika ditanya mengenai kapasitas Rutan Martapura, ia mengatakan bahwa jumlah penghuni lapas hingga saat ini berjumlah 302 orang, yang seharusnya Rutan Cabang Martapura mempunyai kapasitas 179 orang. Dengan demikian Rutan Cabang Martapura dikatakan telah ‘Over Load’ atau melebihi batas.