Pasar Martapura Diserbu Pedagang Dan Pembeli Sejak Malam

Pasar Martapura, Kabupaten OKU Timur yang padat pengunjung menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Pasar Martapura, Kabupaten OKU Timur sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah (H) mulai dipadati oleh pengunjung yang datang dari berbagai wilayah baik untuk berjualan sayur maupun untuk membeli barang yang akan dijual kembali.

Pasar Martapura tersebut mulai dipadati pengunjung dan pembeli sejak pukul 22.00 dan semakin padat menjelang salat subuh. Penjual maupun pembeli yang datang ke Pasar Martapura kebanyakan berasal dari berbagai daerah.

“Pasar sayur setiap hari sejak malam sangat padat hingga membuat jalan utama macet. Apalagi menjelang lebaran pasar menjadi sangat padat penjual datang dari mana-mana begitu juga dengan pembeli baik yang untuk dijual kembali maupun untuk konsumsi keluarga pribadi,” ungkap Aisah (28) pedagang sayuran yang berasal dari Desa Bungamayang.

Menurut Aisah, penjual sayuran yang datang ke pasar malam Martapura sebagian besar berasal dari daerah Muaradua, Liwa dan daerah lainnya di kabupaten OKU Timur. Mereka biasanya sudah memiliki pelanggan tetap di Martapura yang akan langsung membeli dengan cara borongan. Namun bagi yang belum memiliki pelanggan tetap, mereka akan menjual sedikit demi sedikit.

“Biasanya penjual sayur yang pakai mobil sudah ditunggu disini. Sedangkan untuk lapak biasanya sudah memiliki pelanggan sendiri. Kalaupun mereka membeli dari penjual lain itu hanya sebagian kecil karena biasanya sudah ada pemborongnya,” tegasnya.

Sedangkan Roshim pedagang lainnya mengatakan, peningkatan jumlah pedagang dan pembeli di Pasar Martapuura sejak pukul 22.00 sudah terjadi sejak satu minggu terakhir. Namun kata dia, untuk saat ini sebagian besar pengunjung adalah penjual dan hanya sebagian kecil yang membeli untuk konsumsi sendiri.

“Ini pasar malam hingga pagi. Sangat jarang pembeli sedikit. Yang berjualan disini langsung banyak dan bukan untuk satuan. Biasanya pembeli untuk dikonsumsi sendiri akan datang sekitar pukuk 06.00 pagiu,” katanya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD yang mengetahui potensi pasar OKU Timur cukup bagus karena bisa menjadi sentreal sayuran meskipun berasal dari luar daerah berencana untuk membangun sebuah pasar induk yang nantinya akan menjadi pusat penjualan hasil bumi dan berbagai komoditas lainnya untuk kemajuan OKU Timur.

Baca Juga: OKU Timur akan bangun pasar induk di Martapura dan Gumawang