Jalinteng Dilintasi Lebih Dari 1000 Kendaraan Perhari

Ruas jalan lintas tengah (Jalinteng) Kabupaten OKU Timur yang mulai padat sejak beberapa hari terakhir arus balik idul fitri 1437 Hijriah (H)

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Sedikitnya lebih dari 4 ribu kendaraan roda empat dan 500 kendaraan roda dua memadati ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera Kabupaten OKU Timur selama puncak arus balik pada H+3 dan H+4.

Berdasarkan pengamatan Minggu (10/7/2016) ruas Jalinteng OKU Timur mulai dipadati kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang akan melakukan perjalanan balik usai merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing.

“Mayoritas kendaraan yang melintas menuju pulau jawa untuk arus balik ini. Kalau arus mudik kemarin kendaraan dari pulau Jawa yang banyak. Ada sebagian kendaraan dari arah pulau jawa yang menuju sumatera namun tidak sebanding,” ungkap Edi (20) salah satu penjaga loket bus di Martapura.

Sementara Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kasat Lantas AKP Maria Herawati menjelaskan, lonjakan arus balik di ruas Jalinteng OKU Timur sudah terjadi sejak Sabtu (9/7/2016) dan Minggu (10/7/2016) lalu. Lonjakan kendaraan diperkirakan masih terjadi hingga Selasa (12/7/2016) mendatang.

“Selain itu juga menghimbau untuk para pengendara doda dua untuk menghindari perjalanan malam hari untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami sarankan untuk melintas pada pagi hingga sore hari saja untuk mengantisipasi sesuatu yang bisa menyebabkan kerugian bagi pengendara itu sendiri,” katanya.

Maria menghimbau kepada seluruh pengendara yang akan melakukan perjalanan untuk menjaga kesehatan selama masih dalam perjalanan. Selain itu, dia juga berharap agar pengendara bisa menjaga konsentrasi selama dalam perjalanan.

“Jika memang kurang konsentrasi pengendara akan lebih baik beristirahat di Pos atau Rest Area yang sudah disediakan untuk beristirahat. Selain itu, pengendara juga jangan lupa untuk melengkapi dan membawa surat seperti KTP, SIM dan STNK,” katanya.