388 Jamaah Haji Asal OKUT Mulai Laksanakan Manasik

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat membuka manasik haji untuk 388 JCH asal OKU Timur.

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Sebanyak 388 Jamaaah Calon Haji (CJH) asal Kabupaten OKU Timur mulai melaksanakan manasik haji yang ditandai dengan dibukanya manasik haji tahun 2016 oleh bupati HM Kholid MD Selasa  (13/7/2016) di Aula Kantor kankemenag OKU Timur. Hadir dalam pembukaan manasik haji tersebut seluruh JCH OKU Timur dan unsur muspida.

Dalam sambutannya, Kholid meminta kepada jamaah agar bisa menjaga kesehatan mulai dari makanan dan waktu istirahat yang benar-benar harus diperhatikan. Jamaah kata dia, hendaknya memperhatikan kesehatan masing-masing dan jangan terlalu bergantung dengan petugas medis yang ada.

“Jaga kekompakan dan perhatikan antara satu satu jamaah dengan jamaah yang lain. Bawa dan jaga nama baik OKU Timur selama menjalankan ibadah haji,” katanya.

Menurut Kholid, ibadah haji merupakan penyempurnaan Rukun Islam yang ke lima yang otomatis mereka yang sudah bisa menjalankan ibadah haji maka empat rukun islam lainnya sudah sempurna seperti puasa dan salat serta ibadah-ibadah lainnya.

“Setelah melaksanakan ibadah haji, maka jamaah harus lebih baik lagi dari hari sebelumnya baik dalam hal prilaku maupun dalam hal ibadah. Jika selama ini prilaku masih kerap kasar maka berubahlah menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Kholid juga menyarankan agar saat pelepasan JCH agar tidak dilakukan didalam ruangan karena jumlah pengantar setiap pemberangkatan cukup banyak sehingga ruangan yang disediakan tidak akan memadai.

“Saya lebih senang jika dilakukan dilapanga karena biasanya satu jamaah haji diantar oleh lebih dari 10 orang anggota keluarga. Jadi akan lebih baik jika dilaksanakan dilapangan saja,” katanya.

Kankemenag OKU Timur M Ali mengatakan, jumlah JCH tahun ini jumlah jamaah asal OKU Timur sebanyak 388 jamaah. Namun untuk tahun depan jumlah jamaah asal OKU Timur akan ditambah dua kali lipat sekitar 700 jamaah lagi.

“Mudah-mudahan kedepan jumlah jamaah bisa ditambah dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.